Sambut Hari Pramuka Ke 62, Pramuka Nganjuk Gelar Kirab Estafet Tunas Kelapa

Bendera Sang Saka Merah Putih, Bendera Pramuka dan Bendera Wosm diarak secara estafet ke 20 kecamatan mulai 24 Juli hingga 13 Agustus 2023

Nganjuk, PING- Menyambut Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023, Organisasi Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Nganjuk hendak menggelar ‘Estafet Tunas Kelapa’ yang bakal memeriahkan hari istimewa bagi insan pramuka seluruh Kota Bayu. Demikian yang disampaikan oleh Kak Itsna Shofiani selaku Kwarcab Penegak Putri sekaligus penyelenggara acara tersebut lewat program talkshow Beranda Kominfo 105,3 RSAL FM, Jum’at (21/7/2023).

Dipandu host Asty Hanifa, Kak Itsna menyampaikan bahwa digelarnya acara tersebut ialah untuk mengobarkan kembali api semangat kepramukaan sehingga mampu membawa pula semangat di Hari Pramuka ke 62 nanti. “Dibalik acara ini, kami ingin menumbuhkan kembali semangat dan nilai-nilai pancasila, nilai-nilai kepramukaan di hari pramuka ini ke seluruh masyarakat Kabupaten Nganjuk, baik insan pramukanya maupun masyarakatnya”, ujar Sekretaris Dinas Porabudpar itu.

Secara teknis sebagai penyelenggara acara, Kak Itsna menginformasikan bahwa acara tersebut digelar secara kirab estafet yakni membawa Bendera Sang Saka Merah Putih, Bendera Pramuka dan Bendera Wosm dengan melintasi 20 kecamatan se Kabupaten Nganjuk. Kirab akan dibuka dan diberangkatkan langsung oleh Bupati Nganjuk dari Pendopo KRT Sosrokoesmo menuju rute selanjutnya.

“Acara  dimulai 24 Juli-13 Agustus 2023 diberangkatkan Bupati dari Pendopo KRT Sosrokoesoemo kita jalan kaki menuju Jl RA Kartini- Jl Imam Bonjol- Perempatan Ploso- Jl Ayani menuju Tugu Jayastamba selanjutnya ke Kwaran Kecamatan Bagor lalu akan berputar ke seluruh kecamatan hingga akhirnya kembali ke pendopo KRT Sosrokoesoemo dan besoknya 14 Agustus kita gelar upacara peringatan Hari Pramuka ke 62”, urainya.

Menariknya, acara Estafet Tunas Kelapa tersebut dikatakan Kak Itsna menjadi acara satu-satunya yang digelar secara nasional, meski sempat terhenti di tahun 2018 lalu akibat pandemi. Selain itu acara tersebut diungkapkan Kak Itsna karena terinspirasi oleh Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dengan jargonnya ‘Nganjuk tanah kemenangan Nganjuk bermental juara’. 

Baca Juga : Buka Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar, Sopingi : Sarana Asah Keterampilan Kepramukaan

”Spesialnya ini merupakan kegiatan pramuka yang paling besar. Ada suatu momen bahwa pramuka dan generasi muda ini bisa menunjukkan kreatifitasnya baik seni, inovasi dan banyak lagi secara lintas generasi mulai usia PAUD sampai Perguruan Tinggi dan usia dewasa. Sebenarnya 2011 sudah pernah dilakukan secara nasional, terakhir di Nganjuk 2018 dan insyaallah tahun 2023 ini hanya Nganjuk saja yang melaksanakan. Kami juga terinspirasi dari pak Bupati Nganjuk yang selalu berkata Nganjuk tanah kemenangan dan bermental juara. Semoga yang digelorakan Bupati bisa sampai ke masyarakat”, tuturnya.

Kepada Miarsa, ia juga mengungkapkan bahwa pramuka saat ini semakin banyak menghadapi berbagai tantangan. Pramuka tidak ada lagi perpoloncoan atau bahkan hanya untuk bernyanyi dan bertepuk tangan, namun pramuka saat ini harus mampu memberikan kontribusi-kontribusi positif bagi masyarakat sebagai mitra pramuka yang sejatinya tidak bisa dipisahkan antar keduanya. 

“Pramuka sekarang ini banyak tantangan tentunya kita harus sudah siapkan jawabannya. Jadi pramuka yang selama ini image nya hanya tepuk tangan tapi didalamnya kita selipkan berbagai ilmu seperti ilmu pemrograman/coding dan berbagai hal lainnya yang tentu positif”, paparnya.

Meskipun pramuka diarahkan kepada kemajuan zaman, Kak Itsna juga tetap sampaikan pentingnya Dasa Dharma Pramuka yang sangat terpatri di hati insan pramuka dan diterapkan di kehidupan ini. “Zaman boleh terus berubah semakin maju, tapi jangan pernah lupa Dasa Dharma Pramuka kita. Seperti nilai yang pertama yakni Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ini adalah untuk membentuk mental religi bahwa ada sang pencipta yang senantiasa sebagai sandaran kita. Bahwa untuk mendekati hal baik dan menjauhi hal yang buruk”, terang Kak Itsna.

Dengan begitu, Kak Itsna berharap acara besar itu nantinya dapat disambut positif oleh masyarakat dan mempertemukan kembali para insan pramuka di Kabupaten Nganjuk untuk kembali menggelorakan semangat pramuka dan memberikan energi positif dalam menyambut Hari Pramuka ke 62 tahun 2023 ini.

Baca Juga : Temu Pembina dan Sakoma Nganjuk, Bupati Marhaen Berharap Pramuka dan Ma’arif NU Terus Jadi Satu

“Tentu kita harap semoga acara yang luar biasa ini nanti bisa disambut positif oleh masyarakat. Jadi pramuka itu potensinya luar biasa di kecamatan/kwaran. Kami ingin semua kekuatan bisa dikumpulkan, kita mengeluarkan energi positif dalam menyambut Hari Pramuka ke 62. Terakhir saya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mengambil peran dan memberi dukungan atas penyelenggaraan acara Estafet Tunas Kelapa nanti”, pungkasnya.

0 Komentar