Temu Pembina dan Sakoma Nganjuk, Bupati Marhaen Berharap Pramuka dan Ma’arif NU Terus Jadi Satu

Dihadiri oleh 140 pembina pramuka se-Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, PING- Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif (Sakoma) NU Kabupaten Nganjuk menggelar acara ‘Temu Pembina Pramuka dan Sosialisasi Pramuka’ mulai dari Pembina Siaga, Pembina Penggalang, Pembina Penegak hingga Dewan Ambalan Penegak se Kabupaten Nganjuk, Kamis (15/6/2023).

Acara yang berlangsung di Pendopo KRT Sosrokoesoemo itu dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Kota Bayu Bupati Marhaen Djumadi, Kwarcab Nganjuk Kak Sopingi, Ketua LP Ma’arif NU Kak Eko Cahyono, Ketua Sakoma Jawa Timur Kak Nurkholis serta seluruh anggota Sakoma se Kabupaten Nganjuk.

Kang Marhaen yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Nganjuk, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya acara temu pembina pramuka dan seluruh anggota Sakoma Nganjuk. Menurutnya, hal ini merupakan sebuah wadah silaturahmi yang baik dalam meningkatkan rasa persaudaraan dan memperkuat rasa kepramukaan.

Baca Juga : Kang Marhaen Resmi Dilantik Sebagai Kamabimcab Gerakan Pramuka Nganjuk

Pramuka Nganjuk sebagai Kawah Candradimuka

Dirinya  juga menuturkan bahwa branding untuk pramuka di Kabupaten Nganjuk adalah ‘kawah candradimuka’ yaitu pramuka Nganjuk sebagai tempat penggemblengan diri membentuk karakter pribadi kuat, terlatih dan tangkas. “Kalau berbicara tentang pramuka, maka saya ingin memberikan inspirasi bahwa pramuka itu membentuk mentalitas, mendidik adik-adik menjadi anak yang tangguh melalui kegiatan-kegiatan gotong-royong, perkemahan dan sebagainya itu semua melatih mentalitas kita”, tuturnya.

Dihadapan Kwarcab Nganjuk Kak Sopingi sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Kang Marhen menyampaikan bahwa, saat ini setiap sekolah harus ada kurikulum muatan lokal atau bahasa keren Kang Marhaen yakni kurikulum kesengsaraan. “Karena ini ternyata penting untuk memberikan inspirasi anak/adik mulai dari siaga sampai dewan ambal penegak. Ini betul-betul mencetak pribadi tangguh, banyak orang hebat berasal dari pramuka,” tandas Kang Marhen.

Baca Juga : Buka Muscab Pramuka, Kang Marhaen: Kawah Candradimuka, Tempatnya Orang-orang Sukses

Dengan digelarnya acara ini dirinya berharap, di dalam pramuka tetap menjunjung tinggi budaya/culture kemandirian dan antara pramuka dengan Ma’arif NU tetap senada dan sejalan dalam memajukan pramuka di Kabupaten Nganjuk. “Maka budaya atau culture mandiri harus diperkuat dan dimunculkan. Masak-masak ya sendiri, jangan sampai culture kepramukaannya hilang. Maka kita berharap kepramukaan ini terus maupun Ma’arif NU jadi satu,” harap kang Marhaen,

Sementara itu, Ketua LP Ma’arif NU Nganjuk Kak Eko Cahyono dalam sambutannya mengatakan, ada 140 pembina yang hadir dalam acara tersebut. Para pembina tersebut membawahi 109 lembaga di Kabupaten Nganjuk. “Alhamdulillah hari ini bisa bersilaturahmi dalam rangka temu pembina pramuka artinya yang bertemu disini adalah pembina-pembina pramuka yang hebat luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga : Apel Besar Hari Pramuka ke-61

Pramuka dan Ma'arif NU adalah Satu Kesatuan Wujudkan Cita-cita Pramuka Nganjuk

Kak Eko juga menyampaikan, sebagai generasi muda pramuka harus ikut andil dalam menjawab tantangan demi tantangan di masa depan bagaimana mewujudkan cita-cita pramuka dan menciptakan generasi muda yang disiplin menumbuhkan jiwa nasionalisme yang kuat. Sebagai Ketua LP Ma’arif NU Nganjuk, dirinya mengaku mendukung penuh seluruh program kegiatan dari Sakoma.

“Kedepan akan banyak tantangan besar bagi kita generasi muda pramuka. Maka dari itu kita harus lebih berinovasi, lebih berprestasi sehingga dapat menjalankan semua program-program Sakoma dengan baik dan penuh dedikasi. Kami Ma’arif NU mendukung penuh kegiatan Sakoma Nganjuk. Jaya terus Sakoma Nganjuk,” pungkas Kak Eko.

Perlu diketahui, Sakoma ialah sebuah komunitas bentukan Nahdlatul Ulama (NU) yang berada di lingkungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif yang mengelola kegiatan dan pembinaan di bidang kepramukaan.

(dok: humas,YOS/KR)

0 Komentar