Inovatif, Dinas Arpus Nganjuk Bakal Luncurkan Pelayanan Bengkel Arsip

Guna membantu masyarakat memperbaiki dokumen penting yang telah rusak

Nganjuk, PING - Program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) ini siap membantu memperbaiki dokumen kependudukan masyarakat yang rusak akibat terkena bencana alam.

Bantuan ini diberikan tanpa ada pungutan biaya alias gratis melalui pelayanan 'Bengkel Arsip'. Demikian disampaikan Kepala Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk melalui Kepala Bidang Kearsipan, Rusminah kepada PING, pada Rabu (16/08/2023).

Kepala Bidang yang anggun berhijab ini mengatakan bahwa program yang tengah dilaunching tersebut merupakan salah satu inovasi pelayanan yang diberikan pihaknya dalam memberikan fasilitas preservasi atau perawatan arsip masyarakat yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga : Tumbuhkan Minat Baca Anak, Dinas Arpus Primakan Layanan Perpustakan

Menurutnya, melalui program tersebut, pemerintah daerah hadir untuk menyelamatan arsip penting masyarakat, seperti perbaikan arsip vital berupa sertifikat tanah, STNK dan arsip penting lainnya.

"Kami siap membantu masyarakat untuk perbaikan arsip yang rusak, di mana arsip itu akan direstorasi menggunakan layanan Bengkel Arsip yang terjamin faktor keamanannya. Kemudian, kami lakukan penyempurnaan fitur keamanan, dengan cara pengenalan dari sobekan atau bukti fisik lainnya yang dimiliki masyarakat," urai Rusminah.

Baca Juga : Dorong Kreatifitas Pelajar, Dinas Arpus Nganjuk Gelar Lomba Bertutur Lokal Konten

Rusminah menegaskan, Bengkel Arsip ini merupakan inovasi yang dipersembahkan Dinas Arpus bagi masyarakat Kota Angin untuk menjawab keluhan masyarakat yang kehilangan maupun mengalami kerusakan arsip dan dokumen penting lainnya akibat bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, termakan rayap maupun akibat kelalaian masyarakat sendiri.  

"Insyallah, layanan Bengkel Arsip ini akan kita launching minggu depan, bertepatan dengan acara car free day. Kami juga telah sosialisasikan melalui media sosial Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, agar masyarakat Nganjuk tahu tentang layanan ini," imbuh Rusminah.

Rusminah berharap dengan banyaknya manfaat yang dimiliki Bengkel Arsip ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk menggunakan dan mengajak koleganya ikut menyukseskan program Bengkel Arsip. 

"Sehingga masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya penyelamatan arsip secara fisik maupun digital. Yuk, kita jaga arsip penting kita," tandasnya.(Hs/Ys/Ches)

0 Komentar