Tumbuhkan Minat Baca Anak, Dinas Arpus Primakan Layanan Perpustakan

Sebagai tempat bermain dan belajar Pemustaka Pendidikan

Nganjuk, PING- Untuk mengenalkan profil perpustakaan dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Nganjuk terus berupaya meningkatkan pelayanannya. Salah satu upaya tersebut melalui program pelayanan Dongkel Beras (dongeng keliling bersama anak-anak), Perpustakaan Keliling, Martabak (mari tingkatkan minat baca pada anak-anak), Pelayanan Perpustakaan Car Free Day, dan Sosialisasi E-book melalui aplikasi e-pusda yang tersedia di playstore.

Baca Juga : Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Nganjuk Rutin Adakan Perpustakaan Keliling

“Layanan ini sebagai fasilitas Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk kepada masyarakat Kota Angin,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Fitri Kusuma Wardani kepada PING, Selasa (15/08/2023).

Dijelaskan Fitri Kusuma Wardani dalam program ini para siswa akan diajak berkeliling melihat setiap sudut ruang perpustakaan (library tour) dengan tujuan mengenalkan lingkungan perpustakaan. Selain itu siswa juga dibekali keterampilan memanfaatkan perpustakaan dengan bercerita serta pemustaka pendidikan.

"Jadi dalam layanan perpustakaan tersebut, kami jemput bola. Artinya, pihak kita datang ke sekolahan menjemput siswa untuk diajak berkeliling Kota Nganjuk dengan membaca dan bercerita di mobil pelayanan perpustakan. Tetapi juga ada yang langsung datang ke perpustakan Dinas Arpus," jelas Fitri Kusuma Wardani.

Fitri Kusuma Wardani juga menyampaikan untuk memberikan materi para pemustaka menggunakan metode berbasis aktivitas yang mudah, sehingga memudahkan anak dalam memahami materi. "Kegiatan dilakukan dengan berbagai pendekatan pembelajaran sehingga anak-anak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan," tandasnya.

Baca Juga : Kabar Gembira, Nganjuk Segera Miliki Gedung Perpustakaan Yang Baru

Lebih lanjut Fitri Kusuma Wardani menambahkan bahwa pelayanan perpustakan tersebut dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu. Dimana setiap hari pelayanan tersebut mendatangi dua sampai tiga sekolahan, baik dingkat TK, SD hingga SMP.

“Diharapkan dengan rangkaian kegiatan tersebut dapat mengenalkan perpustakaan serta menarik perhatian anak-anak untuk dapat mencintai buku dan gemar membaca buku,” harap mantan Kasubag Humas Kabupaten Nganjuk tersebut. (Hs/Yos)

0 Komentar