Brambang Kemenangan Nganjuk Menjadi Sentra Tanaman Holtikultura Bawang Merah Terbesar di Jatim

Produksi Bawang Merah Kabupaten Nganjuk pada tahun 2021 naik 9,24 persen

NGANJUK, PING- Sektor pertanian mempunyai kontribusi yang sangat berarti pada perekonomian di wilayah Kabupaten Nganjuk. Hal ini tercermin pada pembentukan Produksi Domestik Regional Bruto (PDRB) yang menunjukkan bahwa sektor pertanian terbesar yang mencapai 29,20 persen dari PDRB.

Salah satu penyumbang PDRB-nya adalah dari sektor pertanian tanaman holtikultura bawang merah. Bawang merah menjadi komoditas unggulan bagi para petani yang berada di Nganjuk.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), di laman resmi bps.go.id, Kabupaten Nganjuk menjadi salah satu penghasil tanaman bawang merah terbesar di Jawa Timur. Pada tahun 2020, Nganjuk menduduki peringkat pertama sebagai penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur dengan jumlah panen sebanyak 1.730.608 kuintal dengan jumlah luas lahan sebesar 14.505 hektar.

Baca Juga: Kang Marhaen Dorong Petani Budidaya Bawang Merah Ramah Lingkungan

Menjadi sentra penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur, selain disebut dengan Kota Angin Kabupaten Nganjuk sering disebut juga dengan Kota Brambang. Hal ini, juga diamini oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dengan dibangunnya Tugu Brambang yang berada di perempatan Jalan Mastrip Nganjuk.

Selanjutnya, dari data bps juga menunjukan bahwa produksi bawang merah di Kabupaten Nganjuk terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2021 produk bawang merah mengalami kenaikan 9,24 persen. Dengan hasil panen mencapai 1.936.524 ton. Naik 9,24 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Sebelumnya, Plt Bupati Nganjuk, Kang Marhaen saat meresmikan lumbung pangan di Desa Mlilir Kecamatan Berbek,  Rabu (28/12/2022) menyampaikan tentang komitmennya dalam pembagunan sektor pertanian di Kabupaten Nganjuk. Menjadikan sentra pertanian, Kang Marhaen menyebut, sektor pertanian menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Bayu.

“Mengapa bisa tumbuh? Karena sektor riil betul-betul kita genjot. Termasuk dari sektor pertanian,” kata orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk tersebut.

Selain itu, mejadi komoditas terbesar di Jawa Timur, bawang merah Kabupaten Nganjuk juga diakui oleh beberapa daerah lain. Kemajuan pertanian bawang merah Kabupaten Nganjuk menarik perhatian Bupati Soppeng untuk studi tiru di Kota Bayu.

Pemerintah Kabupaten Nganjuk telah menyediakan informasi mengenai potensi bawang merah Bumi Anjuk Ladang meliputi Lahan, Penyedia Saprodi, Sumber Daya Manusia, dan Olahan Bawang Merah, yang dapat diakses melalui laman berikut BRAMBANG KEMENANGAN

Sebagai informasi, berikut daftar produksi bawang merah di Wilayah Kabupaten Nganjuk. Klik disini.

0 Komentar