[SALAH] “Kasdim 0817 Gresik Mayor Sugeng Riyadi meninggal akibat disuntik vaksin”

    34 Dilihat

FAKTANYA, yang berada di foto adalah Almarhum Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono. Selain itu, Mayor Inf Sugeng Riyadi TIDAK meninggal, diklarifikasi oleh Kodim 0817 Gresik bahwa dalam keadaan sehat walafiat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Pesan berantai WhatsApp.

======

NARASI

“Inalillahi wainalillahi roziun. Vaksin pertama, Kasdim 0817 Gresik, Mayor Sugeng Riyadi.tadi malam Dan ramil kebu mas gresik meninggal akibat siangya disuntik vaksin…pagi ini proses pemakaman…hati2 bahaya vaksin ini nyata.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

* SUMBER membagikan foto Almarhum Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono dengan narasi yang menghubung-hubungkan dengan Mayor Inf Sugeng Riyadi dengan menyebut Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal, memanfaatkan situasi saat ini berkaitan dengan vaksinasi COVID-19.


(2) Klarifikasi dari Kodim 0817 Gresik @ 17 Januari 2021,

* Berkaitan dengan Almarhum Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono:

“… 2. Foto yang beredar pada berita HOAX tersebut adalah foto alm. Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono pada saat mendampingi Danrem 084/Bhaskara Jaya beserta keluarga melaksanakan ziarah di makam Sunan Giri, Gresik pada hari Minggu, tanggal 10 Januari 2021.

  1. Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono, jabatan Danramil 0817/07 Kebomas meninggal di RSUD Ibnu Sina pada hari Jumat, 15 Januari 2021 pukul 23.06 Wib dengan indikasi sakit serangan jantung. Diagnosa awal oleh dr. H. Soeroto HS, Spg (K), SH (dokter forensik di RSUD Ibnu Sina, Gresik).
  2. Alm Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono, belum pernah melaksanakan Vaksin Sinovac. …”

* Berkaitan dengan Mayor Inf Sugeng Riyadi:

“… 5. Pada hari Jumat, tanggal 15 Januari 2021, Kasdim 0817/Gresik a.n Mayor Inf Sugeng Riyadi NRP 11060014540783 melaksanakan Vaksin Sinovac di RSUD Ibnu Sina untuk menggantikan Dandim 0817/Gresik (Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M.I. Pol) dikarenakan pada saat screening, tensi Dandim tinggi.

  1. Adalah tidak benar, bahwa Alm Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono, Jabatan Danramil 0817/07 Kebomas, meninggal dikarenakan Vaksin Sinovac.
  2. Saat ini, hari Minggu, tanggal 17 Januari 2021, Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi masih dalam keadaan sehat walafiat.”

(3) Beberapa artikel yang berkaitan,

* KOMPAS.com @ 15 Januari 2012: “Ghozali mengatakan, Kapolres Gresik AKBP Aref Fitrianto dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail sempat masuk dalam daftar penerima vaksin.

Tetapi, mereka dinilai kurang sehat saat pemeriksaan kesehatan. Sehingga, posisi mereka digantikan pejabat lain.

Dalam kesempatan itu, AKBP Arief digantikan Wakapolres Gresik Kompol Eko Iskandar dan Letkol Taufik digantikan Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi.”

* medcom.id: “Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Danramil Kebomas, Gresik, meninggal dunia akibat disuntik vaksin covid-19, adalah salah. Faktanya, Danramil Kebomas belum sempat mendapatkan vaksin.

“Alm Mayor (Har) Kav Gatot Supriyono, belum pernah melaksanakan Vaksin Sinovac,” tulis situs kodim0817gresik.com dalam laporannya, Minggu 17 Januari 2021.”

* ANTARA: “Aparat Kepolisian Resor Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengejar penyebar hoaks terkait tewasnya Kasdim 0817 Mayor Sugeng Riyadi usai menerima vaksin COVID-19 di wilayah setempat.”