Baterai Smartphone Lebih Cepat Terisi Ketika Di-Charge? Yuk, Simak Tipsnya!

    175 Dilihat

Sebagai pengguna smartphone, baterai adalah komponen hal yang paling krusial. Daya tahan yang lama serta waktu pengisian yang cepat membuat pengguna bisa menggunakan smartphone lebih lama. Maka dari itu, saat ini banyak produsen yang menghadirkan smartphone dengan baterai yang besar serta fitur fast charging.

Saat ini smartphone dengan baterai yang besar dan memiliki fitur fast charging adalah smartphone yang paling dicari. Fast charging adalah teknologi yang terdapat pada smartphone dan juga adapter untuk mengatur pengisian baterai lebih cepat.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum memanfaatkan teknologi ini. Lalu bagaimana sih cara mengisi baterai smartphone dengan cepat? Inilah beberapa tipsnya.

Matikan Smartphone

Mengisi daya smartphone dalam kondisi mati adalah salah satu cara paling efektif supaya baterai dapat terisi dengan cepat sampai penuh. Ketika smartphone diisi dayanya dalam kondisi mati, maka segala aktivitas yang dilakukan oleh smartphone juga berhenti. Dengan begitu, tidak ada yang menghalangi proses pengisian daya sehingga baterai bisa cepat penuh.

Jangan Charge dari Laptop

Mengisi daya dengan menggunakan port USB yang berada di laptop atau komputer akan membuat proses pengisian daya menjadi sangat lama. Untuk itu, sebaiknya lakukan pengisian daya smartphone menggunakan adapter yang dicolokan ke listrik agar baterai dapat segera terisi penuh dan smartphone juga terhindar dari risiko kerusakan.

Aktifkan Airplane Mode

Jika kamu tidak mau mematikan smartphone pada saat diisi dayanya, maka pilihan lainnya adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode sebagai gantinya. Dengan mengaktifkan Airplane Mode, maka smartphone otomatis akan memutus koneksi internet dan sinyal operator sehingga pengisian daya bisa lebih optimal dan lebih cepat.

Jangan Gunakan Smartphone

Jika mengaktifkan Airplane Mode bukan pilihan juga untuk kamu, maka kamu bisa menghindari pengisian daya sambil menggunakan smartphone. Hal ini dapat membantu pengisian daya lebih cepat dan smartphone kamu juga jauh lebih aman. Jika sebelumnya smartphone kamu dalam keadaan panas, maka suhu akan menurun dengan sendirinya dan charging akan menjadi lebih cepat.

Gunakan Adapter Fast Charging

Yang terakhir adalah menggunakan adapter yang memiliki teknologi fast charging sehingga kamu bisa mengisi daya dengan lebih cepat. Namun perlu diingat, untuk menggunakan adapter fast charging, kamu juga harus memastikan smartphone dan kabel yang digunakan sudah mendukung fitur yang serupa.

 

Itulah beberapa tips agar baterai smartphone kamu dapat terisi dengan lebih cepat tanpa perlu khawatir dengan risiko kerusakan yang terjadi di baterai smartphone kamu.

 

Sumber: detik.com