[HOAKS] Narasi Covid-19 dari Ahli Patologi Roger Hodkinson

    125 Dilihat

Penjelasan :

Telah beredar narasi di media sosial yang menyebutkan bahwa Covid-19 adalah tipuan terbesar yang menimpa publik yang tidak menaruh curiga. Narasi itu diutarakan ahli patologi Dr. Roger Hodkinson yang memuat sejumlah klaim. Hodkinson mengaku dirinya mantan pimpinan Royal College of Physicians and Surgeons of Canada. Ia menyebut bahwa Covid-19 tidak lebih dari musim flu yang buruk. Memakai masker dan menjaga jarak sosial disebutnya tidak berguna. Ia juga mengklaim bahwa hasil tes positif Covid-19 tidak berarti infeksi klinis.

Dilansir dari laman situs Kompas.com, klaim seputar Covid-19 yang disampaikan Dr. Roger Hodkinson tersebut adalah tidak benar. Beliau tidak pernah duduk sebagai pimpinan Royal College of Physicians and Surgeons of Canada. Klaimnya bahwa Covid-19 tidak lebih dari musim flu yang buruk keliru. Selain itu, klaim bahwa masker dan jaga jarak tidak berguna dibantah WHO dan penelitian ilmiah. Begitu juga, klaimnya bahwa hasil tes positif tidak berarti infeksi klinis pun disanggah pakar kesehatan.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/02/073100665/-hoaks-narasi-covid-19-dari-ahli-patologi-roger-hodkinson?page=all