Mau Hemat Kuota Saat Mager Dirumah di Masa Pandemi ? Simak Tipsnya Lur !

    50 Dilihat

Dampak pandemi Covid-19 yang semakin masif di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain harus disiplin melaksanakan social dan physical distancing, masyarakat juga diimbau untuk tetap tinggal di rumah, tidak melakukan kegiatan berkumpul dan bekerja di luar selain sektor-sektor usaha yang diperbolehkan pemerintah beraktivitas kerja seperti biasa.

Dengan kebijakan tersebut, praktis segala aktivitas belajar anak sekolah, mahasiswa dan pekerjaan dilakukan sepenuhnya di rumah. Kalau sudah begitu tentunya membuat konsumsi kuota data internet dan pulsa membengkak. Biasanya pakai fasilitas internet dan telepon kantor, sekarang bekerja dari rumah.

Agar lebih nyaman video call, browsing, medsos dan games, berikut ini tips cerdas hemat kuota data internet dan telepon di tengah pandemi Covid-19.

1. Identifikasi aplikasi yang menyedot banyak kuota

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi aplikasi yang menyedot banyak kuota data internet. Secara umum bisa di cek di menu Setting>Data Usage dan temukan daftar aplikasi yang sekiranya memakan banyak kuota. Kalau sudah ketemu kamu bisa menghentikan penggunaan data background atau latar belakang pada aplikasi yang tidak atau jarang dipakai agar tidak menyedot kuota.

2. Non aktifkan sinkronisasi yang tidak diinginkan

Selain menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu, kamu juga bisa menghemat kuota data dengan menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

3. Batasi update aplikasi

Secara berkala aplikasi-aplikasi dalam smartphone membutuhkan update atau pembaharuan. Di antara aplikasi tersebut terkadang memakan kuota yang sangat besar sehingga membuat boros kuota. Kalau aplikasi itu penting bagi kamu tentu update diperlukan, jika tidak kamu bisa tunda dulu sampai memiliki kuota yang lebih besar atau terhubung dengan wifi.

4. Batasi penggunaan data dan aktifkan peringatan

Selain membatasi penggunaan data background kamu juga bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system yang ada di tiap smartphone. Fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas yang ditentukan oleh kamu sendiri. Untuk menggunakannya kamu bisa coba masuk ke menu Settings > Data usage > Cellular data > Set Cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

Sumber : Liputan6.com