MAU SUKSES JUALAN DI FACEBOOK , NIH SIMAK TIPS NYA BUAT PARA PEMULA

    51 Dilihat

Banyak orang yang menggunakan profil Facebook pribadi mereka untuk berjualan menjajakan barang dagangan mereka. Memang cara jualan online di Facebook menggunakan profil Facebook sendiri masih jadi pilihan banyak orang dari dulu sampai sekarang.

Berjualan dengan cara ini memang sering kali mengundang pro dan kontra karena awal peruntukannya profil pribadi memang hanya untuk bersosialisasi dengan di Facebook. Batas pertemanan pun yang bisa ditambahkan pun hanya mentok di angka 5.000 teman saja.

Suka atau tidak, anda pasti menemukan orang -orang yang berjualan dengan profil Facebook pribadi mereka. Bisa orang lain atau mungkin anda sendiri. Biasanya yang melakukan ini kebanyakan ibu rumah tangga yang mau cari penghasilan sampingan.

Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook yang Baik?

Facebook sebagai media sosial dengan pengguna yang sangat besar memang menjadi peluang yang sangat bagus bagi yang jeli melihat potensi bisnis.

Begitu banyak orang yang mengakses Facebook harinya tentu merupakan lokasi yang tepat untuk berinteraksi tanpa harus bertatap muka. Memang itulah fungsi media sosial dari awal. Media sebagai jembatan komunikasi ini menjadi jembatan juga untuk pemilik produk atau jasa untuk berinteraksi dengan calon customer.

Namun peluang untuk mendapatkan customer di Facebook ini sering kali tidak dibarengi dengan perilaku penjual yang baik. Spam sana sini, update jualan terus menerus, promosi tidak nyambung di status orang lain, asal tag orang, dan sebagainya adalah contoh perilaku penjual yang menyebalkan.

Hal ini tentu saja bertentangan dengan tujuan utama Facebook sebagai media sosial untuk berinteraksi dan bersosialiasi lewat dunia maya.

Untuk bisa mendapatkan customer dengan Facebook, anda harus pintar-pintar membuat strategi. Utamanya adalah dengan membangun personal branding di Facebook yang menjelaskan siapa diri anda, apa yang anda lakukan.

 Cara Berjualan Online di Facebook untuk Pemula

Disini kita akan bahas dimana saja anda bisa mendapatkan pembeli tanpa harus beriklan di Facebook. Cocok untuk anda yang tidak punya budget namun ingin mendapatkan pundi-pundi dari berjualan di Facebook.

1. Cara Jualan Online di Facebook dengan Update Status

Cara yang lazim dilakukan oleh banyak orang di Facebook adalah dengan menawarkan ke teman-teman yang mereka punya terlebih dahulu. Akun profil Facebook pribadi bisa menampung maksimal hingga 5.000 orang.

2. Cara Jualan Online di Facebook Group

Lokasi berjualan yang kedua adalah di Facebook Group yang dibuat berdasarkan minat tertentu.

Facebook sebagai media sosial membuat fitur group agar orang-orang yang memiliki minat sama bisa berinteraksi satu sama lain tanpa harus berteman. Misalnya group khusus hobi memancing bisa anda tawarkan alat pancing. Group khusus otomotif bisa anda tawarkan aksesoris mobil/motor dan sebagainya.

Keuntungan dari promosi di grup Facebook adalah orang-orang ini punya ketertarikan lebih terhadap suatu topik. Orang ini akan lebih mudah dijuali dan bersedia mengeluarkan uang untuk hobi/minat yang mereka sukai.

Kekurangannya adalah beberapa grup ada yang tidak memperbolehkan anggotanya berjualan dengan berbagai alasan dari pembuat grup. Kalau anda ingin leluasa berjualan ya cari yang memeperbolehkan atau membuat grup Facebook sendiri yang berkaitan dengan produk yang anda jual.

3. Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

Fitur dari Facebook yang khsuus dibuat untuk user Facebook menjual barang dagangannya. Pengguna Facebook ada yang menjual produk baru hingga produk second/cuci gudang.

Agar anda tidak di-unfriend oleh teman anda atau di keluarkan dari grup Facebook, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut diantaranya :

1. Menambahkan Teman Tertarget

Intinya adalah anda harus mencari orang-orang di Facebook yang kemungkinan memiliki ketertarikan dengan apa yang anda jual.

2. Memanajemen Pertemanan

Jika anda memutuskan untuk punya 1 akun Facebook saja maka sebaiknya anda memisahkan kehidupan privasi anda dengan update-an bisnis.

Anda bisa melakukan pengaturan untuk setiap status update yang anda buat bisa dilihat oleh siapa saja. Untuk yang urusan terlalu privat, sebaiknya jangan di-share.

3. Update Status yang Kreatif

Seperti yang saya katakan pada bagian sebelumnya, anda tidak bisa terus menerus melakukan status update menawarkan produk/jasa anda terus menerus.

Anda harus cukup kreatif dalam membuat status update agar anda tidak dianggap menggunakan Facebook hanya untuk berjualan saja. Posting juga kegiatan anda sehari-hari, seputar profesi anda, hal-hal informatif atau mungkin gambar/video yang lucu-lucu. Lakukan proses marketing dengan cara soft selling lebih banyak dibanding hard selling.

4. Berinteraksi dengan audience

Selain membuat status yang mengundang interaksi tinggi, algoritma Facebook juga menghitung seberapa aktif anda dalam berinteraksi di status update temain lain.

5. Join Grup Facebook yang Relevan

Facebook Group merupakan fitur yang sangat menarik untuk menemukan orang-orang yang memiliki minat lebih terhadap suatu topik. Dari grup jual beli, grup diskusi, grup penyuka suatu topik, hingga grup-grup yang sebenarnya ilegal ada di Facebook.

Dengan mengesampingkan grup ilegal yang tidak baik, anda bisa memanfaatkan 3 jenis grup Facebook lainnya untuk mendapatkan customer.

Tekniknya juga sebenarnya sama saja yaitu dengan rajin-rajin berdiskusi di dalam grup sesuai dengan topik grup tersebut. Jika para member sudah cukup familiar dengan anda, anda bisa mulai memberikan informasi tentang produk yang anda jual.

6. Foto, Video dan Testimoni

Jika anda menjual produk sesuatu, anda harus menampilkan beberapa ‘bukti’ bahwa anda benar-benar orang yang bisa dipercaya. Mengingat di Facebook banyak sekali penipu dari yang berjualan sampai yang cari jodoh pakai foto canti/ganteng orang lain.