[HOAKS] "Asidosis Laktat Sebabkan Hasil Tes PCR Selalu Positif COVID-19"

    102 Dilihat

Sebuah postingan di Facebook mengklaim penderita asidosis laktat akan selalu positif COVID-19 saat di-tes menggunakan mesin PCR, juga bahwa hasil rapid test akan reaktif jika darah mengalami asidosis.

Faktanya informasi ini tidak benar.

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menjelaskan bahwa informasi yang beredar itu mengandung logika medis atau ilmiah yang tidak sinkron.

Asidosis laktat cenderung terjadi pada kasus COVID-19 karena sifat dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang "rakus" oksigen dalam tubuh manusia.

Dicky meluruskan, asidosis laktat adalah salah satu efek yang ditimbulkan dari infeksi virus Corona, bukan penyebab infeksi terdeteksi oleh mesin PCR.

Selain itu, Dicky mengatakan, teknik pemeriksaan RT-PCR adalah teknik yang sangat spesifik, yakni memeriksa keberadaan DNA virus SARS-CoV-2 dari sampel yang telah dimurnikan.

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:
1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/