Awas Hoaks: Pernyataan IDI terkait Pandemi COVID-19

    84 Dilihat

Beredar sebuah unggahan di media sosial yang berisi pernyataan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait pandemi COVID-19, yang berisi narasi seolah-olah IDI menyebut pandemi COVID-19 adalah bentuk pengelabuan dan pembodohan global.

Faktanya informasi tersebut tidak benar

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr. Adib Khumaidi, SpOT menyebut IDI tidak pernah mengeluarkan rilis seperti itu. Ia juga meminta masyarakat agar tidak langsung percaya dengan postingan atau pesan berantai terkait pandemi COVID-19, serta mencari informasi ke sumber resmi.

Bantahan yang sama juga disampaikan oleh Ketua BHP2A IDI Jakarta Pusat, dr. Seno Purnomo. Ia menyatakan bahwa hoaks itu sudah beredar sejak lama, tetapi konten yang ada terus ditambahkan. 

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:
1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id

#KPCPEN #SayangiIndonesia #JanganAbai | Lindungi Diri Lindungi Negeri