Yuni Marhaen Pantau Langsung Penilaian Lomba PTP di Desa Senggowar-Gondang

Merupakan Penilaian Tahap II Setelah Mengirimkan Profil Desanya

NGANJUK, PING - Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Wahyuni Marhaen, berkesempatan memantau langsung penilaian dan pelaksanaan lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) tingkat Kabupaten Nganjuk di Desa Senggowar, Kecamatan Gondang, Selasa (19/07/2022).

Istri Plt. Bupati Nganjuk itu menyampaikan bahwa kali ini merupakan penilaian tahap kedua dalam rangka Lomba PTP dan Bank Sampah setelah kemarin desa mengirimkan profil ke Kabupaten Nganjuk. “Hari ini kita kunjung lapang mengecek secara langsung bagaimana kondisi yang ada di Desa Senggowar apakah sesuai tidak dengan profil yang sudah dikirimkan ke Kabupaten,” terangnya.

Menurut Wakil Ketua I TP PKK yang akrab dipanggil Bu Yuni Marhaen, Lomba PTP dan Bank Sampah ini selalu diadakan setiap tahun dengan tujuan menyejahterakan warga dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Nganjuk.

“Desa Senggowar yang ada di Kecamatan Gondang ini sangat luar biasa, dan alhamdulillah di Gondang selalu memperoleh juara satu yang artinya tidak hanya satu desa saja yang ditampilkan, tetapi setiap tahun bergantian,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Yuni Marhaen mengatakan ada 4 kategori penilaian diantaranya 10 program Pokok PKK, lomba desa atau kelurahan, PTP, dan Bank Sampah. 

“Alhamdulillah, di Senggowar ini mendapat juara 2 kategori, yaitu PTP dan Bank Sampah,” bangganya.

Yuni Marhaen berharap dengan adanya Lomba PTP ini bisa menurunkan angka stunting yang ada di Kabupaten Nganjuk “Karena di Nganjuk masalah stunting ini termasuk masih tinggi,“ tuturnya.

Sebagai inovasi di Desa Senggowar, dibuatkannya kolam ting yang bertujuan menurunkan angka stunting. Kolam ini digunakan menanam tanaman yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi dan juga mengembangbiakkan ikan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Pengurus PKK Kabupaten Nganjuk, Tim Juri, Camat Gondang, Ketua TP PKK Kecamatan Gondang, Perangkat Desa Senggowar, PKK Senggowar, serta masyarakat.

(Cs/Yos)

0 Komentar