Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Gedung Serba Guna Mangundikoro

Alternatif Masyarakat Mangundikaran dalam Menunjang Berbagai Aktivitas

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA baru saja meresmikan gedung serba guna Mangundikoro, yang berada di Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk. Gedung berwarna hijau muda tersebut ternyata adalah inovasi dari Lurah Mangundikaran Azfandi Miftaqul Yaqin, S.STP, M.Si yang menginginkan peningkatan perekonomian dalam rangka mewujudkan masyarakatnya sejahtera.

“Dengan adanya gedung serba guna ini, diharapkan bisa menjadi kebanggaan warga Mangundikaran. Karena selama ini masyarakat maupun pihak kelurahan dalam mengadakan berbagai kegiatan selalu kesulitan. Misalnya rapat dan musyawarah bersama lembaga masyarakat. Ini adalah terobosan baru kami,” terang Azfandi saat ditemui PING di Gedung Mangundikoro, Senin (17/01/2022).

Lurah yang akrab disapa Fafan tersebut menambahkan, nama gedung “Mangundikoro” diambil dari tokoh maupun sosok yang dianggap sesepuh oleh masyarakat setempat pada masa lampau, yakni Mbah Mangundikoro. Diakuinya, sebagai generasi penerus di sana, dirinya selalu mengingat sejarah pendiri sekaligus tokoh masyarakat sebagai semangat pemerintah di Kelurahan Mangundikaran.


Wajah Gedung Serbaguna Mangundikoro dari sisi dalam yang terletak di Jl. Brantas No. 01, Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk 

Mendukung UMKM

Dijelaskan Fafan, dengan terwujudnya pembangunan gedung tersebut, ini bisa menyatukan persepsi kelembagaan masyarakat yang ada di Kelurahan Mangundikaran. Misalnya untuk berkumpul bersama dan saling mengenal satu dengan lainnya. Sehingga visi misi Pemerintah Kabupaten Nganjuk bisa tersampaikan sampai ke lapisan masyarakat terbawah. “Dengan harapan, informasi yang didapat berimbang, tidak salah persepsi atau disinformasi,” tambahnya.

Fafan menjelaskan, pembangunan Gedung Mangundikoro bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nganjuk tahun 2021. Yang membangun adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk. Adapun nilai pembangunannya mencapai sebesar Rp 723,4 juta dengan luas pembangunan 16 x 12 meter.

“Semoga dengan adanya gedung ini bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Mangundikaran. Mengingat lokasi Kelurahan Mangundikaran berada di jantung kota. Dan ke depan kita juga akan membangun gedung sebagai tempat pameran UMKM disebelah selatan Gedung Mangundikoro,” imbuhnya.

Fasilitas Gedung

Perlu diketahui, Gedung Mangundikoro dikelola oleh pihak Pemerintah Kelurahan Mangundikaran. Ada berbagai fasilitas yang tersedia di gedung megah tersebut. Misalnya satu toilet, gudang penyimpanan, kursi 40 buah, dan lampu penerangan sebanyak 15 buah dengan daya masing-masing 5 watt.

Masyarakat umum dapat memanfaatkan gedung tersebut dengan cara menyewa. Caranya, cukup bersurat kepada Pemerintah Kelurahan Mangundikaran. Kemudian oleh pengelola akan ditulis pada buku pinjam pakai, dan papan informasi. Bagi yang hendak menyewa maupun informasi terkait Gedung Mangundikoro, dapat menghubungi Lurah Fafan dengan nomor 0852-5780-7023. (Hs/Ys)

Baca Juga :

0 Komentar