Yuk, Intip Apa Saja Tupoksi Pengadilan Agama Nganjuk

Memeriksa, Memutus, Menyelesaikan Perkara di Tingkat Pratama bagi Muslim

NGANJUK, PING-Pengadilan Agama (PA) selama ini dikenal identik dengan penanganan perceraian saja. Namun, hal itu kurang tepat. Perkara perceraian adalah salah satu dari beberapa tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang ditangani PA.

Ketua PA Nganjuk Abdul Hakim, S.Ag, SH, MH menjelaskan, kewenangan lembaga yang ia pimpin tidak melulu soal perceraian saja. Namun, juga banyak kewenangan yang lainnya.

Hal itu diatur pada pasal 49 Undang-Undang (UU) No 7/1989 yang telah diubah dengan UU No 3/2006, dan perubahan kedua dengan UU No 50/2009. Yaitu PA bertugas dan berwenang memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara di tingkat pratama antara orang yang beragama Islam pada bidang tertentu.

"Misalnya perkara pada perkawinan, waris, wasiat, wakaf, hibah, zakat, infak, sedekah, maupun ekonomi syariah," tutur Abdul Hakim saat menjadi narasumber 105,3 RSAL FM, Senin (24/01/2022).

"Selama ini masyarakat hanya tahu kalau PA hanya mengurus soal perceraian. Sehingga kita harus memberi penjelasan dan informasi kepada masyarakat bahwa masih banyak kewenangan yang lain di PA Nganjuk," lanjutnya.

Karena banyaknya perkara yang ditangani PA, Abdul Hakim berpesan kepada masyarakat agar jika ingin berurusan dengan pihaknya untuk sedapatnya mengurus sendiri. Caranya, dengan hadir secara pribadi dan langsung di PA. "Supaya berbagai permasalahan yang terkait wewenang PA dapat diselesaikan secara cepat dan baik," pesannya.

Sementara itu, Drs. Mohammad Solekan, MH selaku Panitera PA Nganjuk menambahkan, pihaknya memiliki kewenangan pada bidang perkawinan. Perkara pada perkawinan, meliputi perceraian. Baik cerai talak, maupun cerai gugat. "Cerai talak dari pihak suami. Dan cerai gugat, dari pihak istri," tambahnya.

Selanjutnya, Solekan juga menjelaskan adanya dispensasi nikah. Yaitu, apabila usia calon pengantin (catin) masih dalam kategori di bawah umur, atau di bawah 19 tahun, wajib untuk meminta dispensasi dari PA.

"Ada juga isbat nikah atau pengesahan nikah. Yakni apabila ada yang menikah hanya secara agama tapi belum mempunyai bukti legal seperti buku nikah atau akta nikah, nantinya dapat diurus dan diselesaikan di PA," tambahnya.

Sebagi informasi, PA Nganjuk memiliki layanan dan informasi secara daring. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi maupun mengurus berbagai hal secara daring, dapat mengakses website PA Nganjuk di laman https://www.pa-nganjuk.go.id. PA Nganjuk juga memiliki layanan pendaftaran perkara secara daring pada aplikasi e-Court, maupun permasalahan gugatan secara mandiri. "Lalu ikuti petunjuk selanjutnya, dan akan diberitahukan lewat e-mail terkait kapan waktu sidangnya," tutup Solekan.(Yos/Al)

 

Baca Juga :

0 Komentar