Wujudkan Visi Misi Pemerintah Daerah, Ini Upaya BAPPEDA Kabupaten Nganjuk

Rapat Koordinasi Teknis RKPD Tahun 2023 Bersama Perangkat Terkait

NGANJUK, PING-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nganjuk menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait teknis Rencanan Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Nganjuk Tahun 2023, Senin (17/01/2022). Rakor di ruang rapat BAPPEDA Kabupaten Nganjuk tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Hal itu disampaikan Kepala BAPPEDA Suharono, S. Sos, MM saat membuka rakor. Menurutnya, rakor tersebut sangat penting, karena berkaitan dengan perumusan pokok-pokok kebijakan perencanaan dan penganggaran program pembangunan daerah tahun 2023. "Untuk mewujudkan 14 program visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk," jelasnya.

Mantan Camat Kertosono itu menjelaskan, untuk menyukseskan itu semua, harus ada koordinasi antara pemangku kepentingan dalam menyusun sebuah perencanaan yang matang. Ditambah, saat ini ditunjang dengan adanya pergantian dan penambahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. OPD dan pelaksana baru tersebut perlu pencermatan dan pengkoordinasian yang baik. "Mudah mudahan usaha-usaha kita untuk memulai ini bisa tercetus dengan baik" harapnya.

"Peran komunikasi dan keaktifan OPD sangat penting dalam perencanaan pembangunan 2023 agar dapat terlaksana dengan baik. Komunikasi dengan BAPPEDA harus. Dan harus meningkat dibanding tahun sebelumnya," tegasnya Suharono.

Sementara itu, Nono Agung Prastowo, S.STP, M.KP selaku Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah BAPPEDA Kabupaten Nganjuk menambahkan, RKPD  dokumen perencanaan memuat program kebijakan yang terukur. Maka, harus memperhatikan sumber daya yang tersedia.

"Untuk itu BAPPEDA menyinergikan program dengan berbagai unsur perangkat daerah. Ketika merencanakan tidak ada kendala, dan bisa terealisasikan dengan baik," pungkas Nono.

Agenda Penyusunan Dokumen  RKPD Kabupaten Nganjuk di Tahun 2023, antara lain:

1. Singkronisasi Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah tahun 2023;

2. Arahan Kebijakan Pembangunan Daerah tahun 2023.;

3. Strategi Pencapaian 14 Program Unggulan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk;

4. Rekomendasi Hasil Tim pengawasan Anggaran;

5. Revitalisasi dalam Perencanaan tentang Kedudukan SOTK;

6. Arah Kebijakan Pengelolaan Keuangan Daerah tahun 2023;

7. Analisis Real Keaungan dan Pendapatan Daerah tahun 2023;

8. Penyusunan Standar Harga Belanja tahun 2023;

9. Sinergi Perencanaan Pembangunan Daerah dan Desa tahun 2023;

10. Pengelolaan Bantuan Keuangan Khusus;

12. Pengelolaan Satu Data Kabupaten Nganjuk;

13. Review Perencanaan dan Penganggaran Daerah tahun 2023.

(ZK/AL).

Baca Juga :

0 Komentar