judul

Inspektorat Beri Pemahaman, Pelaporan dan Pengendailan Gratifikasi serta Tandatangani Pakta Integritas

NGANJUK, PING-Sistem pengawasan yang baik diperlukan sebagai landasan terlaksananya peran dan fungsi pemerintahan. Apalagi, kerawanan terhadap tindak gratifikasi bagi penyelenggaranya. Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Nganjuk mengadakan Gelar Pengawasan Daerah Kabupaten Nganjuk, pada Senin (29/03/2021).

Plt Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk Ir. Fadjar Judiono, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan itu untuk mensosialisasikan hasil pengawasan oleh aparat pengawasan fungsional dalam kurun waktu satu tahun anggaran kepada seluruh perangkat daerah. Kemudian, seluruh pihak terkait menyadari pentingnya fungsi pengawasan, guna terwujudnya good governance dan clean government. Serta, terwujudnya tata kelola pemerintahan dan keuangan yang semakin baik dan akuntabel.

Sambutan Plt Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk Ir. Fadjar Judiono, M.Si

Selain itu, Fadjar juga menyampaikan analisis capaian kinerja. Ada dua sasaran strategis yang ia paparkan. Pertama, meningkatnya pengawasan dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah yang baik dan akuntabel. Kedua, meningkatnya kompetensi sumber daya aparatur fungsional inspektorat. 

Selanjutnya, Fadjar menyampaikan beberapa pengawasan prioritas nasional. Seperti monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa. Kedua, monitoring dan evaluasi dana BOS. Tiga, penguatan sistem pengendalian internal. Dan empat, penegakan integritas. 

Fadjar juga turut memaparkan inovasi Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk. Pertama, Anugerah Tata Kelola Keuangan Desa. Kedua, Klinik Konsultasi. “Anugerah Tata Kelola Keuangan Desa adalah apresiasi bagi desa dengan penyelenggaraan tata kelola keuangan yang baik. Dan Klinik Konsultasi adalah layanan jemput bola konsultasi ke desa-desa. Sehingga APIP tidak hanya funsi pengawasan, tapi juga consulting,” katanya.

Sebagai informasi, acara yang berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang tersebut dibuka oleh Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM. Turut mendampingi, Sekda Kabupaten Nganjuk, Drs. Mokhamad Yasin, M.Si. Dan peserta acara terdiri dari pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat seluruh Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya Mas Novi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan ikrar bersama untuk selalu melaksanakan evaluasi dan pembenahan tata kelola keuangan daerah dengan sebaik-baiknya. Dengan tujuan birokrasi pemerintahan Pemkab Nganjuk berjalan dengan baik.

“Visi Kabupaten Nganjuk yaitu mewujudkan pemkab Nganjuk maju dan bermartabat. Dalam mewujudkan visi ini kita harus berinovasi agar bisa maju dan bersinergi, serta membentuk Kabupaten Nganjuk yang bermartabat. Artinya hal ini sejalan dengan gelar pengawasan daerah. Dimana kita bisa mendapatkan posisi orang yang terhormat, posisi daerah yang terhormat, jika kita betul-betul menerapkan tata kelola keuangan daerah ini dengan sangat akuntabel,” jelas Mas Novi.

Lebih lanjut, Mas Novi menjelaskan, misi selanjutnya yaitu meningkatkan kinerja birokrasi yang bersih, profesional dan akuntabel demi masyarakat Kabupaten Nganjuk yang maju. Untuk itu, Mas Novi mengajak untuk tidak memandang sepele visi dan misi tersebut. 

Sambutan Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM

“Saya ingin Kabupaten Nganjuk menyempurnakan sistem pengelolaan keuangan yang berbasis online real time. Karena saya ingin tahu serapan anggaran masing-masing OPD berapa persen per detik. Sehingga saya dapat membuat suatu keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan capaian tersebut,” pintanya seranya mengajak para peserta memahami dan menjadikan arahannya tersebut implementasi dan evaluasi secara menyeluruh agar kegiatan tersebut efektif dan berjalan dengan baik.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan penandatanganan pakta integritas oleh Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk, Sekda dan Bupati. Usai penandatanganan pakta integritas, acara dilanjutkan dengan paparan narasumber, yakni Boma Wira Gumilar, SH, MH selaku Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Nganjuk. (ys,el)

0 Komentar