Warga Desa, Ini Cara Mengetahui Tingkat Kemajuan Desamu

Aplikasi buatan Kemendes, berikan kemudahan warga akses informasi desa

Banyak pertanyaan di masyarakat, bagaimana cara menilai suatu desa sudah maju atau belum. Warga tidak tahu seberapa maju atau seberapa tidak maju desanya.

Menyikapi itu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), menghadirkan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID). 

Dengan SID, warga desa dapat mengetahui tingkat perkembangan desanya. Tak hanya itu, warga bisa melihat sumber-sumber anggaran desa apa saja dan berapa jumlahnya. Serta, dibelanjakan untuk kegiatan apa saja.

Mengenal Isi SID

Untuk memberi gambaran, PING menyajikan sekilas cara menggunakan SID. Warga desa dapat menggunakan ponsel untuk membuka SID yang beralamat http://sid.kemendesa.go.id

(Mudah. Tampilan awal SID, permudah warga desa akses informasi desa)

Pertama, kita diminta memilih desa yang ingin dilihat. Caranya, pilih Provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, Desa dari kotak pilihan yang tersedia. 

Di halaman selanjutnya, kita langsung disuguhi gambaran singkat kondisi desa dalam "Deskripsi Desa". Termuat status pemerintahan, nama Kades, keberadaan dokumen perencanaan RPJM Desa, ketersediaan dan kondisi kantor desa, hingga kondisi geografis.

(Beragam. SID sajikan informasi yang banyak diharapkan warga desa)

Di bagian atas, terdapat "Menu", yang jika diklik akan menampilkan: 

  • HOME, untuk kembali ke awal memilih desa.
  • DESKRIPSI, untuk menampilkan gambaran singkat desa.
  • REKOMENDASI, untuk melihat skor dan kategori perkembangan desa, serta rekomendasi kegiatan untuk memajukan desa.
  • SDGS, untuk melihat pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Memuat capaian penanganan antara lain kemiskinan, kelaparan, kesehatan, pendidikan. 
  • DANA DESA, untuk melihat pagu Dana Desa (DD) sejak 2015, serta jenis dan besaran dana kegiatan yang dibiayai DD.
  • APBDES, untuk melihat  Pendapatan Desa (sumber dan jumlah) serta Belanja Desa (jenis kegiatan dan besaran dana).
  • BUMDES, untuk melihat kondisi Badan Usaha Milik Desa, termasuk nama dan jenis usaha.
  • BLTDD, untuk melihat nama-nama warga penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Untuk mengetahui tingkat kemajuan desa, pilih menu "Rekomendasi". Setelah itu, lihat di bagian "Skor IDM saat ini" dan "Status IDM". Itulah tingkat kemajuan desa. 

IDM atau Indeks Desa Membangun adalah ukuran keberhasilan pembangunan desa. IDM membagi desa kedalam 5 kategori perkembangan desa: Mandiri, Maju, Berkembang, Tertinggal, dan Sangat Tertinggal.

IDM dapat menjadi tolok ukur keberhasilan kepala desa, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan Lembaga Kemasyarakatan Desa, yang bertugas memajukan desa.

(Terarah. SID memberi rekomendasi bagi Kades jenis kegiatan untuk memajukan desa)

Pada gambar di atas, dicontohkan desa memiliki skor IDM 0.8729 dikategorikan Desa Mandiri. Meski sudah tergolong Desa Mandiri, masih direkomendasikan meningkatkan pembangunan di bidang olah raga berupa pembentukan kelompok/ klub olah raga dan pembangunan lapangan olah raga.

Untuk diketahui, dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa atau dikenal UU Desa, Pasal 7 menyebutkan tujuan penataan desa yakni efektivitas pemerintahan desa, peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan pelayanan publik, peningkatan tata kelola pemerintahan desa.

Sementara itu, keberadaan IDM sebagai indikator kemajuan desa diatur dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 2 Tahun 2016.

Baca juga:

0 Komentar