Usul Rp 258 M kepada Kemko Marves, Ini yang Disampaikan Mas Novi

Percepat Proyek Strategis Nasional dan PEN di Nganjuk

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemko Marves) di Ruang Rapat Roro Kuning, Rabu (03/02/2021). Hadir dalam rakor itu Asisten Deputi Bidang Infrastruktur dan Pelayaran Kemko Marves, Dr. Ir. Djoko Hartoyo, M. Mar. Sc beserta rombongan.

Di hadapan pejabat Kemko Marves itu, Mas Novi menyampaikan enam belas usulan bantuan. Jumlahnya senilai Rp 285 miliar. Usulan tersebut diperuntukkan mendukung proyek strategis nasional (PSN) dan percepatan ekonomi nasional (PEN) di Nganjuk. 

Adapun rakor tersebut adalah kelanjutan atas koordinasi antara Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dengan empat kepala daerah. Dimana salah satunya adalah Kabupaten Nganjuk pada 20 Januari lalu. “Kami harap usulan kami ini bisa terakomodir dan mendukung pemulihan ekonomi di Kabupaten Nganjuk,” ujar Mas Novi.

Ada beberapa poin penting yang Mas Novi sampaikan. Misalnya, Pemkab Nganjuk telah membangun pedestrian di Jl. A. Yani sisi barat. Namun, beliau berharap mendapat bantuan agar sisi lainnya juga bisa dibangun pedestrian. "Untuk memberi rasa nyaman bagi pengunjung. Dan mendorong masyarakat datang, tidak hanya melintas di Nganjuk," imbuhnya.

Mas Novi juga memaparkan beberapa PSN di Kota Angin. Misalnya Kawasan Industri Nganjuk (KING) dan Selingkar Wilis yang dinilai berperan dalam pemulihan ekonomi. "Untuk itu kami harap usulan kami diterima. Dan membantu percepatan perkembangan wilayah. Utamanya terkait PSN dan PEN ini," lanjut bupati muda ini.

Menanggapi usulan dan paparan Mas Novi, Djoko Hartoyo mengatakan bahwa kunjungannya tersebut merupakan tindak lanjut dalam merealisasikan pembangunan PSN di Kabupaten Nganjuk. “Selain itu kami juga akan mengecek ke lapangan langsung, guna memastikan PSN yang akan dikerjakan," tuturnya. 

“Di tahun 2021 ini ada alokasi anggaran sebesar Rp 402, 8 triliun untuk PEN. Dan sebanyak Rp 184,2 triliun dialokasikan untuk kementrian dan pemda. Maka dari itu pemda harus berupaya dan berkompetisi untuk mendapatkan persetujuan anggaran ini,” tambahnya.

Usai mengikuti rakor, tim Kemko Marves juga meninjau langsung beberapa lokasi yang menjadi objek dalam usulan tersebut. Usai rakor, rombongan Kemko Marves meninjau PSN Selingkar Wilis. Di sana mereka melihat kondisi wisata Air Terjun Sedudo di Desa Ngliman,  Sawahan dan Air Merambat Roro Kuning di Desa Bajulan, Loceret. Selain itu, rombongan juga meninjau lokasi KING dan Pasar Kertosono yang pembangunannya belum rampung. 

Adapun rakor dan peninjauan lapangan tersebut turut diikuti oleh Kepala Bappeda Drs. Adam Muharto, A.P, M.Si. Kemudian Kepala Dinas PUPR Drs. Gunawan Widagdo, Msi. Hadir pula Kepala Disperindag Dra Rr Heni Rochtanti MM. Serta Kepala Dinas Perkim Suharono, S.Sos, M.M dan Kepala Disparporabud Ir. Fajar Judiono. (hs/ys)

0 Komentar