Upaya Mengetahui Kepuasan Masyarakat, Begini Langkah Pemkab

Sosialisasi E-SKM untuk Mudahkan OPD sebagai Pelayan Publik

NGANJUK, PING-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk secara komperhensif terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk mengetahui tolak ukur tingkat kepuasan masyarakat, maka diperlukan survei. Untuk itu, Bagian Organisasi Pemkab Nganjuk menggelar sosialisasi E-Survei Kepuasan Masyarakat (E-SKM), Senin (18/10/2021)

Kegitan dibuka oleh Kabag Organisasi Pemkab Nganjuk Drs. Eko Sutrisno, MM. Dalam sambutannya, Eko mengatakan E-SKM bertujuan untuk dapat mengetahui tentang informasi pengguna layanan. Misalnya terdiri dari profil pengguna layanan, persepsi pengguna layanan hingga keluhan, saran perbaikan, maupun aspirasi pengguna layanan secara detil.

“Sehingga perlu untuk disesuaikan dengan metode suvei yang aplikatid dan mudah untuk dilaksanakan. Selain itu juga bisa menjadi pedoman yang jelas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Termasuk untuk memudahkan para organisasi perangkat daerah sebagai pelaksana pelayanan pada publik,” tutur Eko pada kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk tersebut.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut turut mengundang Handito Putro Utomo dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk sebagai narasumber. Sedangkan pesertanya adalah berbagai OPD yang terlibat langsung pelayanan bagi masyarakat.


Semua OPD yang terlibat langsung dalam pelayanan publik ikuti sosialisasi E-SKM di Ruang Rapat Anjukladang Pemkab Nganjuk

Antara lain dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil); Dinas Lingkungan Hidup (DLH); Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM); Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR); Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus); Badan Pendapatan Daerah (Bapenda); Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP); kecamatan, maupun rumah sakit.

Dalam paparannya Handito Putro Utomo menjelaskan cara pengoperasian E-SKM. Yaitu melalui laman milik Pemkab Nganjuk dengan alamat https://www.nganjukkab.go.id/home/auth/login . Bagi OPD, harus masuk menggunakan username dan password sesuai perangkat daerah masing-masing.

“Setelah masuk pada tampilan admin, admin OPD diarahkan untuk klik menu ‘susun IKM’. Kemudian klik tombol ‘tambah pertanyaan’ untuk mengisi formulir ‘susun IKM’. Dalam formulir tersebut juga tersedia menu pertanyaan untuk setiap unsur pelayanan,” jelas Handito.

Handito menambahkan, apabila OPD ingin mengisi pertanyaan indeks setiap unsur pelayanan secara otomatis, maka admin OPD diarahkan untuk klik ‘susun IKM otomatis’. Sehingga pertanyaan dan jawaban seluruh indeks akan otomatis terisi. Sebaliknya, apabila OPD ingin pertanyaan secara manual, maka isi seluruh pertanyaan indeks sesuai unsur pelayanan dan jawaban, kemudian klik ‘simpan’.

“Setelah indeks terisi, OPD akan melakukan analisa IKM dari responden untuk dijadikan acuan dalam penilaian IKM. Untuk hasil penilaian akan keluar dalam bentuk diagram, dan dikelompokkan sesuai isi indeks,” tutupnya sambil menyebut E-SKM memudahkan pekerjaan OPD, sebab tidak perlu lagi menggunakan kertas dan bisa diakses secara daring. (Hs/Ys)

 

Baca Juga :

0 Komentar