Upacara Pembukaan Pelatihan Calon Paskibraka Kabupaten Nganjuk Tahun 2022

Kang Marhaen: Pelatihan Tidak Hanya Terkait Ketahanan Fisik dan Baris-berbaris, juga Persatuan Kesatuan, Pembentukan Karakter, dan Wawasan Kebangsaan

Nganjuk, PING - Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, pimpin upacara pembukaan pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Nganjuk Tahun 2022 di halaman GOR Bung Karno pada Senin (25/7/2022).

Mendampingi Kang Marhaen, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk Gunawan Widagdo, beserta para undangan lainnya.

Upacara yang diikuti 27 calon Paskibraka tersebut diawali secara simbolis dengan pemotongan pita dan penyiraman air kembang kepada masing-masing calon Paskibraka sebagai tanda dimulainya pelatihan bagi calon Paskibraka Kabupaten Nganjuk Tahun 2022. 

Dalam arahannya, Kang Marhaen meminta kepada para calon Paskibraka untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik dalam Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 di Kabupaten Nganjuk mendatang.

“Esensi pelatihan ini adalah kita berikan kesempatan bagi generasi muda untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” tutur Kang Marhaen sembari menyebut tradisi penyiraman kembang memiliki makna untuk menumbuhkan jiwa korps dan menjadi satu kesatuan. 

Kang Marhaen juga menyebutkan pelatihan tidak hanya terkait ketahanan fisik dan baris-berbaris, tetapi juga mengenai persatuan kesatuan dan pembentukan karakter, serta wawasan kebangsaan. 

“Saling bantu satu sama lain, jika satu sakit maka semuanya juga ikut merasakan. Satu padu dalam kekompakan, satu padu dalam barisan,” pungkasnya.  

Selain itu, Kang Marhaen juga berpesan kepada semua calon Paskibraka Kabupaten Nganjuk Tahun 2022 agar tetap bersemangat. Dan meneruskan api perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului.

“Jangan pernah ada pikiran macam-macam. Tuhan akan memberikan takdir kesuksesan bagi orang-orang yang mau berjuang,” tambahnya.

“Ketika anda melakukan apapun dengan semangat dan batin tulus, Tuhan akan mencatatnya. Tidak ada perjuangan yang sia-sia, semua akan ada hasilnya,” imbuhnya. 

(ALPH/NR/ZK)

 

BACA JUGA: 

Pemkab Nganjuk Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2022

0 Komentar