Tingkatkan Pelayanan Publik, Pace Ikuti Penilaian Kinerja Kecamatan

Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan untuk Mengukur Kinerja

NGANJUK, PING-Kecamatan Pace mengikuti lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tingkat kabupaten. Untuk itu, tim juri penilai mengunjungi Kecamatan Pace, Kamis (14/10/2021).

Hadir dalam penilaian tersebut jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Pace. Termasuk para kepala desa, puskesmas, korwil dinas pendidikan maupun PKK setempat.

Sarwo Widodo selaku sekretaris tim penilai mengatakan, evaluasi sinergitas tersebut bersifat penilaian mandiri. Sehingga, para para aparatur kecamatan sendiri yang menilai kondisi di wilayahnya. “Kami datang hanya memotret apa yang Anda sampaikan dengan melampirkan bukti pendukung administrasi,” kata Sarwo pada saat penilaian.

Dijelaskan Sarwo, pada penilaian sinergitas kali ini harus melampirakan bukti pendukung. Yaitu berupa administrasi untuk setiap hal yang nantinya akan dilaporkan.

Selaku pegawai, semua laporan kinerja harus dibuktikan dengan bukti administrasi. Serta kedatangan tim penilai tersebut diharapkan bukan untuk memilih dan menjadi juara. Akan tetapi harus mengerti proses dan apa yang harus dikerjakan.

Untuk itu, Sarwo berpesan bahwa penilaian ini diharapkan bisa untuk memperoleh gambaran secara teliti atas upaya yang telah dan sedang akan dikembangkan pemerintah kecamatan. Terutama yang sesuai dengan fungsi dan perannya.

“Jadi apabila dokumen administrasi sudah sesuai dengan laporannya itu nanti bisa membantu. Baik itu pertanggungjawaban akuntabilitas ataupun yang lain. Dari sini camat bisa mengukur apa yang kurang dan harus dilengkapi,” tambahnya. 

“Pak sekcam selaku pejabat pembuat komitmen, salah satu tugasnya yakni meneliti semua kelengkapan serta keabsahannya. Atau dapat dipertanggungjawabkan. Itu semua sebagai evaluasi kita. Diharapkan semua personil sesuai dengan formasi dan struktur dapat mengetahui tugas dan kewajibannya,” ujar Sawo.

 

 

Pantauan PING di lapangan, penilaian berlangsung cukup lama. Setiba di kantor Kecamatan Pace, tim langsung berkeliling  melihat kondisi faktual di lapangan. 

Beberapa aspek yang dilihat adalah aspek penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan terpadu kecamatan, penyelenggaraan tugas atribut, dan pelaksanaan tugas delegatif. Turut dinilai inovasi atau krativitas, pengelolaan anggaran kecamatan. Termasuk pelaksanaan tugas lainnya.

Diketahui, lomba tersebut merupakan tindak lanjut dari gubernur terkait sinergitas penyelenggaraan pemerintahan di Jawa Timur. Penilaian sendiri bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja pemerintah kecamatan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, maupun kemasyarakatan.

Tujuan lain adalah mendorong kesinambungan koordinasi dan keterpaduan kinerja antar penyelenggara pemerintahan di wilayah, guna mempercepat pelaksanaan pembangunan. Serta meningkatkan kapasitas aparatur kecamatan, dalam penyelenggaraan pelayanan dasar dan pemberdayaan potensi perekonomian masyarakat di wilayah kerjanya.

Penilaian sendiri berlangsung pada 13 hingga 27 Oktober 2021. Dengan jadwal pada masing-masing kecamatan yang telah ditentukan.

Kecamatan Berbek dan Sawahan yang pertama kali dikunjungi tim penilai pada 13 Oktober 2021. Kemudian, dilanjutkan dengan Kecamatan Pace.

0 Komentar