Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Sediakan PSC 119

Ujung Tombak Layanan Kegawatdaruratan bagi Masyarakat

NGANJUK, PING-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk terus meningkatkan pelayanannya. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menyediakan Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu atau Public Safety Center (PSC) 119.

Sebagau informasi, PSC 119 merupakan salah satu program nasional, dan sudah dicanangkan sebagai ikon. Serta telah digalakkan pula di setiap daerah memiliki PSC 119, sebagai ujung tombak layanan kegawatdarutayan bagi masyarakat. PSC 119 Dinkes Kabupaten Nganjuk bekerja dalam mobil ambulans, yang telah ada peralatan superlengkap. Selain itu, juga dibekali tim yang profesional dengan berbagai bidang ilmu yang dimiliki. Seperti dokter, bidan, perawat yang telah dilatih khusus untuk menangani gawat darurat.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh dr. Arin Dwi Kotimah, selaku Pj PSC 119 Dinkes Kabupaten Nganjuk saat menjadi narasumber pada talkshow di 105,3 RSAL FM, Selasa (11/05/2021). Ia mengatakan, PSC 118 memberi layanan pada saat kondisi gawat darurat. Seperti kecelakaan lalu lintas, ibu hendak melahirkan, anak yang sakit, serangan jantung mendadak, penyelamatan kebakaran maupun kebencanaan.

“Berbeda dengan UGD, yang merupakan kasus statis dan langsung di rumah sakit atau di puskesmas yang menangani kegawatdaruratan. Sedangkan PSC 119 ini adalah pelayanan pre hospital, atau sebelum mereka masuk ke dalam fasilitas layanan di rumah sakit,” katanya.

“Juga untuk memberikan pelayanan pada masyarakat atau pelapor melalui proses pemilahan kondisi kegawatdaruratan. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan emergensi seperti pelayanan ambulan dan pemanduan pertolongan pertama pada korban,” lanjutnya.

Usai mendapat laporan, PSC 119 bergerak mengevakuasi korban maupun pasien gawat darurat. Selanjutnya merujuknya pada fasilitas layanan kesehatan. Baik rumah sakit atau puskesmas, untuk memantau dan memastikan pasien mendapat penanganan yang cepat, dan tepat sesuai yang diharapkan. "Dengan harapan pasien selamat," tandasnya 

Masyarakat Kabupaten Nganjuk dapat menghunungi PSC 119 Dinkes Kabupaten Nganjuk selama 24 jam. Untuk layanan kegawatdaruratan, bisa menghubungi nomor telpon 0358-3510123. Atau melalui pesan WhatsApp di nomor 081131168119.

Jika kondisi masuk dalan kriteria kegawatdaruratan, seperti kecelakaan di jalan, maka petugas akan menanyakan lokasi kejadian, kondisi maupun jumlah korbannya pada saat kejadian. "Selanjutnya, tim PSC 119 akan mendatangi lokasi kejadian, dan melakukan penanganan pre hospiltal menggunakan ambulans emergency yang sudah dilengkapi alat monitor jantung, saturaksi oksigen, dan kelengkapan gawat darurat lainnya," tutup dr. Arin.

0 Komentar