Terjun Lapangan, Yuni Marhaen Lakukan Penilaiaan Lomba PTP

Apresiasi Inovasi 10 Program Pokok PKK di Lingkungan Desa Trayang

NGANJUK, PING- Wakil Ketua I Tim Penggerak (TP-PKK) Kabupaten Nganjuk Sri Wahyuni memantau langsung penilaian dan pelaksanaan lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) tingkat Kabupaten Nganjuk, pada Rabu (06/07/2022) pagi, istri Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi itu beserta rombongan Tim Penilai Lomba berkesempatan memantau penilaian lomba PTP di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot.

Bu Yuni menyampaikan apresiasi atas berhasil lolosnya Desa Trayang dalam lomba PTP tingkat Kabupaten tersebut. Bu Yuni lantas mengajak masyarakat rajin memanfaatkan tanah atau pekarangan di sekitar rumah karena kondisi tanah yang tergolong subur.

Bu Yuni mengatakan bahwa Desa Trayang mendapatkan dua kategori dalam lomba tersebut. “Yakni, lomba 10 program pokok PKK dan lomba Desa atau Kelurahan. Ini sangat luar biasa, satu desa bisa mengikuti 2 kategori. Mudah-mudahan bisa mewakili Nganjuk di tingkat Provinsi,“ harapnya.


 Bu Yuni Marhaen kunjungi posyandu balita di Desa Trayang dalam agenda penilaian lomba PTP. (Dok. : Humas)

Bu Yuni berharap PTP tersebut tidak hanya pada lomba saja. Namun, juga berkembang, dan menjadi contoh bagi desa lain. "Jadi terus berlanjut, karena banyak manfaat dari PTP ini," lanjutnya.

Lebih lanjut, Yuni Marhaen berpesan kepada tim PKK Desa Trayang agar tidak berpuas diri dalam capaian yang diperoleh saat ini. Akan tetapi terus mengembangkan inovasi-inovasi yang lebih baik lagi. “Apapun hasilnya nanti bukan tujuannya, tetapi proses yang berkelanjutan inilah yang kita harapkan bersama dalam memberikan manfaat bagi masyarakat setempat,“ imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Bu Yuni juga meninjau secara langsung pelaksanaan posyandu balita, ibu hamil, dan lansia. Kemudian meninjau stand pameran produk unggulan TP PKK dan terakhir meninjau PTP jambu air (water apple) milik warga Desa Trayang.


 Bu Yuni Marhaen bersama Tim Penilai Lomba PTP meninjau stan pameran produk unggulan PKK Desa Trayang. (Dok.: Humas)

Sementara itu, Mohamad Ma’ruf selaku Camat Ngronggot sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. Mohammad Ma’ruf juga memaparkan letak geografis Desa Trayang kepada Wakil Ketua I TP PKK dan Tim Penilai Lomba Desa.

Menurutnya, Desa Trayang mempunyai potensi yang sangat luar biasa. Dimana Desa Trayang dapat mengimplementasikan 10 program pokok PKK, diantaranya adalah memperhatikan kesehatan masyarakatnya.

"Hal ini lah yang tentunya memberikan nilai plus Desa Trayang dalam mengikuti lomba 10 program pokok PKK ini, " tandasnya.

Selain itu, Ma’ruf juga menjelaskan bahwa banyak inovasi yang dikembangkan Desa Trayang. Diantaranya dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakatnya. "Seperti pengembangan kebun jambu, kebun blimbing, dan PTP. Ini menjadi tambahan dalam PAD Desa. Semoga dalam mengikuti lomba ini Desa Trayang mendapatkan hasil yang baik, " tambahnya.

Sebagai informasi, hadir dalam acara tersebut Tim Pengurus TP PKK Kabupaten Nganjuk selaku Penilai Lapangan, Camat Ngronggot Mohamad Ma’ruf beserta Forkopimcam Ngronggot, Kepala Desa Se-Kecamatan Ngronggot beserta istri, dan Pengurus PKK Kecamatan. (Hs/Ys)

 

 

 

Baca Juga :

0 Komentar