Teladan Transparansi Bantuan Dari Desa Margopatut 

Puluhan warga Dusun Petungulung Desa Margopatut yang mengungsi akibat tanah retak, mendapat simpati dan bantuan masyarakat. Tak ingin menimbulkan polemik dan untuk pertanggungjawaban publik, Posko Siaga Bencana Tanah Retak  mengumumkan secara terbuka kepada publik bantuan yang sudah diterima.

Wilayah Kabupaten Nganjuk diterpa bencana alam belakangan ini. Banjir melanda termasuk wilayah ibukota Kabupaten. Tanah longsor di Ngetos mengakibatkan 19 korban meninggal dunia. Terakhir, kondisi tanah di permukiman Dusun Petungulung Desa Margopatut Kecamatan Sawahan mengalami retak.

Retakan tanah diketahui terjadi tanggal 15 Februari. Tak ingin terjadi longsor yang membahayakan nyawa warga, Pemerintah Desa dan Forpimcam Sawahan berinisiatif mengungsikan puluhan warga ke tempat aman.

Sebanyak 6 titik lokasi pengungsi menempati rumah-rumah warga yang aman. Hingga hari ke-12, jumlah pengungsi 208 orang pengungsi yang berasal dari 78 Kepala Keluarga (KK). 

Warga yang mengungsi mendapat bantuan dari masyarakat. Hingga saat ini, tercatat puluhan donatur yang membantu beragam jenis bantuan. Bantuan disalurkan kepada Posko Siaga Bencana Tanah Retak yang dikoordinasikan oleh Gunawan Catur Prasetyo

Sebagai koordinator, pria yang akrab disapa Guntur itu mengumumkan bantuan yang diterima. Melalui akun Facebook-nya, pria yang menjabat sebagai Kepala Dusun itu mengunggah buku catatan para donatur dan jenis bantuan.

"Untuk transparansi, agar tidak menimbulkan salah paham dan masalah di masyarakat," terang Guntur kepada PING melalui telepon, Sabtu (27/02).

Berikut foto-foto catatan bantuan yang diumumkan:

Koordinator Posko Guntur juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu.

"Mewakili Warga Masyarakat Petungulung Desa Margopatut Sawahan Nganjuk Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Atas Kepedulian Para Donator Semua Atas Adanya Tanah Retak Di Atas Pemukiman Warga - 6 Titik Pengungsian Warga Mulai 15 - 26 Pebruari 2021," tulis Gunawan sembari mendoakan kebaikan donatur.

0 Komentar