Tandatangani MoU, Pemkab Nganjuk Dengan PKH Perhutani Wujudkan Pusat Agropolitan

Sebagai Destinasi Wisata Pertanian di Wilayah Kabupaten Nganjuk

NGANJUK, PING- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus berupaya mengembangkan potensi pada sektor pariwisata. Dengan menggandeng Perum Perhutani KPH Jombang dan Nganjuk sebagai partner kerjasamanya, untuk merintis pusat Agropolitan.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Nganjuk dengan Perum Perhutani KPH Jombang dan Nganjuk, pada Senin (21/11/2022) di Pendopo K.R.T Sosrokoesoemo.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengungkapkan bahwa Kabupaten Nganjuk saat ini memiliki mimpi besar, “yakni menjadikan Kabupaten Nganjuk menjadi pusat Agropolitan,“ ucap Kang Marhaen usai menandatangani MoU tersebut.

Untuk itu, melalui MoU ini Kang Marhaen mengatakan, bahwa pihaknya menggandeng pihak luar untuk mengembangkan potensi yang ada di Nganjuk. Salah satunya adalah Perum Perhutani KPH Jombang dan Nganjuk serta Cita Indonesia ini sebagai perusahaan di bidang produksi pertanian.

Menurutnya hal ini dinilai pas, karena bisa mendukung serta mengembangkan potensi yang ada di area Perhutani Kabupaten Nganjuk untuk dijadikan wisata Agropolitan.

“Karena Nganjuk banyak potensi Agropolitan yang dapat dikembangkan. Seperti di daerah Kecamatan Lengkong sebagai penghasil tembakau. Kemudian di Kecamatan Rejoso sebagai sentra bawang merah lanjut di Kecamatan Tanjunganom sebagai penghasil melon dan banyak lainnya,” tandasnya.

Maka dari itu, Kang Marhaen berharap semua pihak dapat bersinergi demi kesejahteraan rakyat dan semuanya berada dalam satu garis komando pemerintahan bukan lagi janji politik tetapi demi kemajuan Nganjuk bersama.

“Tak hanya PKH Jombang dan Nganjuk, saya berharap nanti KPH Kediri maupun KPH Madiun juga ada MOU sebagai payung hukum, sehingga nanti kerjasama akan lebih enak dan mudah. Ini semua kita lakukan bersama untuk membawa Kabupaten Nganjuk ke arah yang lebih baik,“ imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk Gunawan Widagdo menyampaikan bahwa giat ini bertujuan untuk meningkatkan destinasi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Nganjuk 

"Dengan memanfaatkan kawasan hutan untuk pengelolaan rintisan destinasi wisata bagi masyarakat dan pemerintah. Seperti destinasi Agropolitan," imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri Jajaran Forkopimda Nganjuk, Kepala OPD terkait, Administratur Pertanian dan Kelompok Tani Hutan se Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga : Diskominfo Nganjuk Bekali Pelajar SMA/SMK/MA Pengetahuan Broadcasting dan Podcast

 

 

0 Komentar