Survei Potensi Ekonomi, Kecamatan Ngluyu Harapkan Kenaikan PAD

Wisata alam dan kuliner jadi andalan. Butuh pengembangan infrastruktur pendukung

NGANJUK, PING-Pemerintah Kecamatan Ngluyu melakukan survei dan pendataan lokasi-lokasi yang dianggap strategis di wilayahnya, Jumat (28/01/2022). Tujuannya adalah sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu lokasi yang disurvei adalah Dusun Puncu, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu. Di sana, tim Pemerintah Kecamatan Ngluyu melakukan survei dan melihat situasi kondisi bersama perangkat desa setempat. 
 
Sekretaris Kecamatan Ngluyu Jose Dinis mengatakan, dari survei tersebut diketahui jika kecamatan di ujung utara Kota Bayu itu memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Seperti hutan yang masih asri dan adanya pemandian dari sumber air alami pegunungan.

“Jika dilihat dari potensi alam, sangat perlu perhatian. Khususnya untuk dibangun tempat wisata di Ngluyu. Diperlukan gagasan kita semua, agar turut berdampak pada pengembangan ekonomi,” tutur Jose sembari menyebut pemandian dengan sumber mata air alami belum tentu bisa dijumpai di daerah lainnya.

Selain itu, menurut Jose, di Kecamatan Ngluyu untuk kearifan lokal masih terjaga. Misalnya masyarakatnya yang selalu menjaga lingkungan. Hal itu terlihat dari masih asrinya hutan di sana.

“Hutan masih alami dan masih aman dari bencana alam. Terutama tanah longsor dan banjir. Ini bisa ditiru masyarakat Kabupaten Nganjuk pada umumnya untuk menjaga lingkungan,” tambahnya.

Ditambahkan Jose, satu lagi potensi yang ada di Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, yaitu wisata kuliner dengan menu masakan khas setempat, asem-asem kambing. Warung yang paling populer menyediakan makanan dengan cita rasa pedas asam itu adalah milik Bu Harsuni.

“Asem-asem kambing Bu Harsuni bahkan sudah dikenal orang luar Nganjuk. Selain itu, di Ngluyu juga memiliki berbagai kuliner lain yang patut untuk dicoba kelezatannya,” tandas Jose.

Dengan berbagai potensi yang ada itu, pihaknya mendorong berbagai pihak untuk berinovasi dalam rangka pengembangan wisata di sana. Misalnya memprioritaskan pembangunan agar perekonomian warga setempat turut terangkat. 

Salah satu masukan Jose, yakni mendorong pemerintah daerah memberi dukungan maupun motivasi bagi warga Ngluyu. Misalnya dengan peningkatan sarana dan prasarana, berupa perbaikan maupun pelebaran jalan sebagai akses mobilitas masyarakat. “Bukan tidak mungkin akan Ngluyu semakin maju dan dikenal,” harap Jose.

0 Komentar