Songsong HANI, BNN Ajak Masyarakat Berperan Lawan Narkoba

Maksimalkan Peran Orang Tua untuk Awasi Anak

NGANJUK, PING-Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk berupaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba. Jelang Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di tahun 2021 ini, BNN menyongsongnya HANI dengan mewujudkan desa kelurahan bersinar bersih dari narkotika, yang bertujuan untuk memberantas narkotika terutama dari dalam lingkungan keluarga. 

Hal itu dikatakan Sugeng Hadi Susilo selaku Konselor BNN Kabupaten Nganjuk saat menjadi narasumber talkshow di R-SAL FM Senin, (14/06/2021). Sugeng menyampaikan, di masa pandemi COVID-19 ini banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Sehingga banyak pengaruh dari luar yang memicu pengaruh buruk. 

“Dari sini peran orang tua sangatlah penting, mereka di wajibkan untuk selalu mengawasi perilaku anaknya tertama saat berada diluar. Jangan terlalu dibebaskan, beri ruang dan waktu dan diberi batasan,” kata Sugeng. 

Selain pengawasan orang tua, BNNK Nganjuk juga sudah mengadakan penekanan di sektor lingkungan pemerintah. Caranya dengan penerapan P4GN. Selain itu, adanya suatu aksi kegiatan baik berupa penyampaian informasi dan pemasangan baliho. Dan yang terakhir BNN mengadakan kegiatan tes urin di masing-masing instansi OPD. Dari ketiga hal ini target rencana nasional  P4GN akan terealisasi. 

Terkait banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba, di Kabupaten Nganjuk sendiri masih banyak laporan. Hingga bulan Juni 2021 ini, BNNK Nganjuk masih melaksanakan rehabilitasi. Program rehabilitasi ini juga didukung oleh Kapolri dengan restorasi jasti. “Jadi apabila ada seorang penyalahgunaaan narkoba yang tanpa barang bukti bisa langsung dilaksanakan rehabilitasi,” tambah Sugeng. 

Di sisi lain BNNK Nganjuk juga sudah mewilayahi lima daerah. Yaitu Kabupaten Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan. Sehingga bisa melaksanakan rehabilitasi sesuai syarat tanpa harus melalui proses peradilan. 

Sugeng berharap agar masyarakat selalu aktif memberikan informasi. Misalnya jika ada orang yang menggunakan narkoba untuk segera dilaporkan kepada BNN. "Serta tetap mendukung program BNN untuk memberantas penyalahgunaan narkoba," lanjutnya.

Sementara itu, Muklish Arianto, selaku penyuluh BNNK Nganjuk berharap masyarakat untuk ikut mendukung Hari HANI. Sehingga bisa mewujudkan Indonesia dan Kabupaten Nganjuk yang bersih dari narkoba. "Narkoba musuh bersama," tutup Mukhlis pada acara yang dipandu host Asti Hanifa itu.

0 Komentar