"Siap Untuk Selamat" Hari Kesiapsiagaan Bencana

Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana

NGANJUK,PING- “Siap Untuk Selamat” menjadi tema Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2022, yang jatuh pada tanggal 26 April 2022. “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana”, bunyi sub tema pada peringatan HKBN 2022.

HKBN menjadi edukasi terkait budaya sadar bencana di daerah rawan bencana di Indonesia. Dimulai dari individu, keluarga, komunitas, sekolah, sampai lingkungan masyarakat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Dalam Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk, Drs. Abdul Wakid, MM, mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Bayu untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana. Kesiapsiagaan sangat penting bagi setiap orang. Bencana bisa terjadi kapan dan di mana saja.

“Lakukan latihan evakuasi mandiri. Segera menuju tempat aman terdekat, kenali ancamannya, pahami resikonya, tingkatkan budaya sadar bencana. Indonesia tangguh bencana dilakukan semua pihak, karena penanggulagan bencana adalah tugas kita bersama,” ajak Abdul Wakid dalam vidio singkatnya di Media Sosial peringatan HKBN.

BPBD Nganjuk, menggelar simulasi evakuasi mandiri saat terjadi gempa, dimulai tepat pukul 10.00 WIB ditandai dengan bunyi sirine. Menggunakan skenario kejadian gempa yang terjadi di Kantor BPBD Nganjuk saat pegawai sedang melakukan aktivitas kerjanya.

(Tangkapan layar Vidio Simulasi Bencana Gempa BPBD Nganjuk)

Dalam simulasi evakuasi ini, selanjutnya pegawai diarahkan menuju tempat evakuasi yang aman dan mudah dijangkau dalam waktu singkat untuk mitigasi bencana.

Para pegawai melakukan perlindungan dengan berbagai cara. Melakukan perlindungan baik di dalam maupun di luar ruangan, di bawah benda yang kokoh, dan di tempat lainnya sesuai dengan rencana penyelamatan masing-masing dan tetap berada disana hingga gempa berhenti sambil melindungi kepala.

“ Siap untuk selamat !,” tegas Abdul Wakid

Baca Juga :

 

0 Komentar