Sekda Yasin Dorong Perumda Aneka Usaha Semakin Berkembang

Meminta Program yang Telah Disusun untuk Dimaksimalkan Guna Peningkatan PAD

NGANJUK, PING-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si mendorong Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha semakin berkembang. Dorongan semangat itu disampaikan Sekda Yasin saat membuka paparan bisnis penyertaan modal yang disampaikan Perumda Aneka Usaha kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Senin (30/08/2021).

Sekda Yasin menyampaikan, program-program yang direncanakan Perumda Aneka Usaha diharapkan dapat membawa manfaat besar. Terutama bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bayu. “Apa yang direncanakan dan dipresentasikan diharapkan dapat diimplementasikan dalam kinerjanya untuk menghasilkan pendapatan bagi Kabupaten Nganjuk,” jelas Sekda Yasin.

Senada dengan Sekda Yasin, Asisten Ekbang Pemkab Nganjuk Ir Muslim Harsoyo menambahkan, program Perumda Aneka Usaha dapat menambah pendapatan bagi Kota Bayu. Untuk itu, harus dilaksanakan sesuai perencanaan. “Intinya adalah bisa mengurangi kerugian, seimbang dan untung bagi Nganjuk,” tegas mantan Staf Ahli Bupati Nganjuk tersebut.

Sebagai informasi, paparan dilaksanakan di ruang rapat Sekda Kabupaten Nganjuk. Acara dihadiri jajaran direksi Perumda Aneka Usaha. Termasuk dewan pengawasnya. Pada paparan itu, Perumda Aneka Usaha mengajukan penyertaan modal sebesar Rp 2 miliar kepada Pemkab Nganjuk.

Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Djaja Nur Edi, ST memaparkan, ada beberapa program di lembaga yang ia pimpin. Khususnya program prioritas jangka pendek.

Dijelaskan Djaja, penyertaan modal yang diajukan itu bukan untuk menambah jenis usaha baru. Melainkan untuk membenahi usaha yang sudah ada.“Antara lain apotek, hotel dan perkebunan," paparnya.

Djaja menyebut, pembenahan tersebut meliputi beberapa aspek. Seperti manajemen, sumber daya manusia (SDM), prosedur dan administrasi, monitoring, kontrol dan pelaporan, maupun pemasaran. “Penyertaan modal itu nantinya digunakan untuk pengembangan dan pembenahan aset Pemkab Nganjuk yang dikelola Perumda Aneka Usaha. Sehingga menjadi daya tarik masyarakat atau konsumen,” imbuhnya.

(ZK/Al)

0 Komentar