Sekda Yasin Buka Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan III KPU Nganjuk

Sebanyak 859.534 pemilih ditetapkan pada periode September 2022

Nganjuk, PING – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan III Periode September 2022 di ruang pertemuan Hotel Farrel Nganjuk pada Senin (26/9/2022).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk beserta jajarannya, perwakilan Polres Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk beserta anggotanya, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Nganjuk beserta anggotanya, Camat se-Kabupaten Nganjuk dan OPD terkait lainnya.

Saat membuka acara, Sekda Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin menyampaikan pentingnya kevalidan data pemilih dalam pemilihan umum (Pemilu). “Disinilah awal kita akan melaksanakan substansi nilai keadilan. Data yang valid sebagai bahan analisa kita untuk melangkah lebih lanjut lagi,” tuturnya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada KPU Nganjuk sebagai penyelenggara Pemilu dan organisasi pemerintah terkait untuk bersinergi dan menjaga komitmen bersama guna menyukseskan Pemilu 2024 nanti.

“Mari kita bersinergi bersama-sama melaksanakan tugas mengemban amanah sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” ujar Sekda Yasin sembari meminta semua pihak untuk menjaga komunikasi dan saling koordinasi.

“Tinggalkan sifat egosentris kita masing-masing. Mari saling dukung dan support agar penyelenggaraan pemerintahan melalui pemilu yang bersih, jujur dan adil dapat tercapai,” tambahnya. 

Sementara itu, mewakili KPU Nganjuk, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Nganjuk, Muchiyin menyampaikan Rakor yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu proses melakukan sinkronisasi dan sosialisasi hasil PDPB.

“Kegiatan dilakukan sesuai amanat pasal 20 huruf L UU 7/2017 tentang Pemilu. KPU kabupaten/kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” bebernya sembari menyebut kegiatan rakor juga berdasarkan PKPU 6/2021 tentang PDPB.

Lebih lanjut Muchiyin juga menjelaskan tujuan dilaksanakannya PDPB yakni  untuk memelihara, memperbaharui dan mengevaluasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu. Dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan, sehingga dapat digunakan untuk penyusunan DPT pada Pemilu.

“Juga untuk penyusunan data dan informasi pemilih berskala nasional dan daerah mengenai data pemilih secara komprehensif, akurat, dan mutakhir,” tambah Muchiyin.

“Dan juga memutakhirkan data pemilih dengan menggunakan teknologi informasi dengan tetap menjamin kerahasiaan data,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pada periode September 2022 total data pemilih Kabupaten Nganjuk mencapai 859.534. Terdiri dari, pemilih laki-laki sebanyak 428.639 orang dan pemilih perempuan sebanyak 430.895 orang yang tersebar di 20 kecamatan se-Kabupaten Nganjuk. 

(AL/ZK)

0 Komentar