Revitalisasi Toga, Pokja IV TP PKK Nganjuk Pelajari Pengelolaan Jamu

Siapa yang tidak tahu jamu? Minuman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Jamu adalah salah satu produk dari olahan tanaman obat. Dengan kata lain, jamu merupakan produk alami dari bahan tanaman.

Indonesia yang berada di kawasan tropis, dianugerahi kekayaan tanaman berbagai jenis, termasuk tanaman obat. Potensi alam ini butuh dikelola agar mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan keluarga, khususnya di Kabupaten Nganjuk.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), sebagai instansi non pemerintah yang bergerak di bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, salah satu kegiatannya melingkupi bidang kesehatan. Bidang kesehatan ditangani oleh Kelompok Kerja (Pokja) IV, beserta bidang lingkungan dan perencanaan sehat. 

Baca juga:
Tingkatkan Kapasitas, Pokja I TP PKK Nganjuk Pelajari Pengelolaan Rumah Singgah di Pasuruan


Guna menambah wawasan pengurus, Pokja IV melaksanakan studi referensi di Laboratorium Materia Medica Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur di Kota Batu, Kamis (13/11/2020). Studi berfokus pada masalah pengelolaan TOGA dan Asman Mandiri.
Dipimpin oleh Wakil Ketua IV TP PKK, diikuti pengurus Pokja IV, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, rombongan diterima oleh dr. Saiful, Kasi Pengembangan Tanaman Obat dan Herbal, di Aula Gedung Materia Medica.

Dalam paparannya, dr. Saiful menjelaskan proses pembibitan tanaman obat, penelitian laboratorium, hingga proses produksi jamu. Penjelasan dan diskusi dilanjutkan dengan peninjauan Unit Usaha Herbal dan Griya Sehat. 

Ketua Pokja IV, Ny. Sri Ngayomi, mengatakan kegiatan studi merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Jawa Timur tentang revitalisasi gerakan menanam TOGA. "Sesuai arahan Gubernur Jawa Timur, agar dilakukan revitalisasi gerakan menanam TOGA. Kita adakan studi dan hasilnya untuk diterapkan pembinaan di PKK Kecamatan", terangnya.

Rekomendasi

judul.

1 Komentar

Agustin

Alhamdulillah banyak ilmu yg kita serap dari Materia Medika Kota Batu Malang yang menambah wawasan kami pokja 4 yang mempunyai tugas melestarikan warisan budaya Bangsa kepada keluarga dan masyarakat.