Ratusan PNS Pemkab Nganjuk Memasuki Masa Pensiun di Tahun 2021

Pensiun karena telah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP), Pensiun Dini, Meninggal Dunia

Sejumlah 480 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Nganjuk dipastikan memasuki masa pensiun di tahun 2021 ini. Jika ditelisik dari 2 (dua) tahun terakhir, jumlah tersebut menurun. Sebagai catatan, Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nganjuk Agus Heri Widodo, S.Sos menyampaikan bahwa pegawai yang telah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) pada tahun 2019 sebanyak 511 orang. 

“Bahkan di tahun 2020 tercatat ada sebanyak 609 PNS yang memasuki masa pensiunnya,” tuturnya. 

Lebih lanjut Agus menjelaskan, pegawai yang dinyatakan pensiun tidak hanya mereka yang memasuki masa BUP saja, namun ada beberapa alasan lainnya. Seperti halnya pensiun atas kemauan sendiri atau pensiun dini, ada pula pensiun lantaran meninggal dunia. 

Berdasarkan data yang dimiliki BKD Nganjuk, pegawai yang meninggal dunia mencapai puluhan orang setiap tahunnya. Pada tahun 2019 ada sebanyak 65 orang, kemudian pada tahun 2020 ada sebanyak 59 orang. Sedangkan pada dua bulan di awal tahun ini sudah ada 2 PNS yang meninggal dunia. 

“Mayoritas pensiun karena memang telah memasuki masa purna,” imbuhnya. 

Agus menambahkan, mereka yang telah memasuki masa purna tersebut akan mendapatkan Surat Keputusan Penghentian Pembayaran (SKPP). Surat itu yang nantinya akan menjadi salah satu dasar untuk mendapatkan pensiun dari PT. Taspen. 

SKPP sejatinya tidak hanya berlaku bagi mereka yang dinyatakan pensiun, melainkan juga bagi pegawai yang dimutasi. SKPP menjadi salah satu syarat untuk menerima gaji di tempat baru. Surat ini diterbitkan dengan tujuan agar pegawai yang pindah dapat dilanjutkan pembayaran gajinya oleh satuan kerja (satker) di tempat kerja yang baru. 

“Atau dibayarkan pensiunnya oleh PT. Taspen bagi pegawai yang memasuki masa pensiun,” tandas Agus. 

Besaran pensiunan yang diterima ditentukan berdasarkan golongan dan masa pengabdiannya. Semakin tinggi golongan kepegawaian dan semakin lama masa pengabdian, pensiunan yang didapat juga semakin banyak. 

Diolah dari Sumber: Jawa Pos Radar Kediri 

Menjadi salah satu pegawai Pemkab Nganjuk yang memasuki masa BUP di tahun 2021, Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk Drs. Susbagio menuturkan bahwa ia telah mengabdi pada Pemkab Nganjuk selama hampir 35 tahun. 

Foto: Drs. Susbagio (Depan/Kanan) beserta staf, bersama Kepala Disnakerkopum Nganjuk saat menghadiri acara talkshow di RSAL FM. Foto diambil sebelum Pandemi COVID-19. 

“Dulu saya sudah mengabdi di Pemkab Nganjuk sejak usia 21 tahun. Tak terasa pada Desember 2021 akhir nanti saya sudah pensiun,” ungkapnya. 

Susbagio berharap dapat menyelesaikan tugas sebagai pegawai Pemkab Nganjuk dengan maksimal sebelum memasuki masa BUP. 

“Alhamdulillah sebentar lagi pensiun, semoga selalu tetap sehat supaya dapat melaksanakan tugas-tugas sebagai Pegawai di Pemkab Nganjuk,” tutur Pejabat Eselon III Disnakerkopum ini. 

 

Jumlah Data Pensiun Pemkab Nganjuk Tahun 2019 – 2021 

Sumber Foto: Rekapan Data BKD Kabupaten Nganjuk 

 

Jumlah Pensiun Tahun 2019

  • Pensiun BUP              : 511 Orang

  • Pensiun Meninggal     : 65 Orang

  • Pensiun Dini              : 13 Orang

Jumlah Pensiun Tahun 2020

  • Pensiun BUP              : 609 Orang

  • Pensiun Meninggal     : 59 Orang

  • Pensiun Dini              : 15 Orang

Jumlah Pensiun Tahun 2021

  • Pensiun BUP              : 480 Orang

  • Pensiun Meninggal     : 2 Orang

  • Pensiun Dini              : - 

0 Komentar