Puskesmas Sawahan Gelar Vaksinasi Tahap 2

43 sasaran diselesaikan dalam sehari

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nganjuk yang sudah masuk pada tahap 2, sudah dimulai sejak Rabu kemarin (10/02/2021). Saat ini, 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Nganjuk tengah melaksanakan vaksinasi untuk seluruh tenaga kesehatan di wilayahnya. Seperti yang saat ini tengah berlangsung di Puskesmas Sawahan, sejumlah 43 tenaga kesehatan mendapatkan vaksin sinovac pada Sabtu (13/02/2021). Secara alur pelaksanaan vaksin tahap kedua, masih sama seperti seperti pada pelaksanaan tahap pertama.

dr. Salamah Sari, Kepala Puskesmas Sawahan menerima vaksin dari Dinkes Nganjuk, dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

dr. Salamah Sari, Kepala Puskesmas Sawahan menyampaikan bahwa untuk tahap kedua ini, pihaknya mendapatkan vaksin untuk 43 tenaga kesehatan di lingkungannya. “Untuk vaksinasi tahap kedua ini, kami usulkan 43, sesuai dengan dosis yang kami berikan pada vaksinasi tahap pertama kemarin,” ungkapnya. Kapus yang akrab di panggil dengan dr. Sari ini menambahkan, dari 43 sasaran ini, 1 orang terpaksa ditunda karena tengah sakit. Sesuai rencana akan diikutkan pada vaksinasi berikutnya untuk TNI/Polri. “Untuk tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksinasi, baik yang tahap pertama maupun yang dipending pada tahap ke dua, akan kami ikutkan pada vaksinasi untuk TNI/Polri dan petugas pelayanan publik yang lain,” urai dr. Sari.

Suasana vaksinasi tahap 2 di Puskesmas Sawahan

Selama pelaksanaan vaksinasi, dr. Sari mengungkapkan ada beberapa kendala yang terjadi dilapangan. Namun itu semua bias langsung diatasi oleh pihaknya. “ Ada sedikit kendala pada bagian meja 1 (registrasi), ada sasaran yg tidak bisa di masukkan dalam data di pcare, solusinya kami masukkan secara manual pada blanko dengan format excel F10, pungkasnya.

Mengacu pada laman Kemenkes, Pelaksanaan resmi mengenai kapan vaksin COVID-19 diberikan ke masyarakat juga akan mengacu pada pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Kedepannya, masyarakat umum yang divaksinasi akan menerima undangan lewat SMS dan selanjutnya dapat melakukan registrasi sebelum menerima vaksin. (aeh)

0 Komentar