Presiden Canangkan Tranformasi Digital 2021, Pemkab Nganjuk Siap Dukung

Beri dukungan, Diskominfo Nganjuk prioritaskan infrastruktur jaringan dan SDM TIK

Pemerintah canangkan tahun 2021 untuk percepatan transformasi digital. Pemkab Nganjuk mendukung dengan prioritaskan infrastruktur dan SDM TIK. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan tahun 2021 momentum percepatan pelaksanaan agenda transformasi digital Indonesia, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Peluncuran Konektivitas Digitial, Jumat (26/02/2021).

"Kominfo perlu berfokus pada peningkatan utilisasi Palapa Ring backbone broadband, juga pemanfaatan ruang digital ekonomi yang lebih berimbang. Kita negara yang bukan negara proteksionis, kita terbuka kerjasama internasional. Namun kita juga harus menjadi bangsa dan negara yang berdaulat, memanfaatkan semua kemampuan, keunggulan, SDM digital kita untuk negeri kita, untuk bangsa dan rakyat kita dan jika bisa untuk kepentingan umat manusia," jelasnya yang dikutip PING dari Siaran Pers Kemenkominfo.

Menteri Kominfo menegaskan bahwa tata kelola penyelenggaraan regulasi yang apik serta kolaboratif dengan pemangku kepentingan terkait, juga dibutuhkan untuk memastikan implementasi kebijakan yang menyeluruh dan inklusif.

UU Ciptaker juga membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan yang lebih cepat. Online Single Submission dan tata kelas risiko yang diatur dalam UU Cipta Kerja dan PP, menurut Menteri Johnny oharus diterjemahkan secara jitu oleh seluruh aparat dan pejabat, termasuk di lingkungan Kementerian Kominfo.

"Tugas kita justru mendorong, membantu dan memperlancar proses-proses perijinan itu," tandasnya.

Menteri Kominfo menegaskan agar ekosistem di Kementerian Kominfo bekerja secara sungguh-sungguh. Jangan sampai Kementerian Kominfo berlawanan arah jalannya dengan filosofi semangat dan landasan yang ada dalam UU Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020.

Kesiapan Pemkab Nganjuk 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki menyampaikan bahwa Program Tranformasi Digital yang diluncurkan pemerintah, perlu didukung Pemkab Nganjuk dan seluruh desa.

"Bupati dan Wabup telah menetapkan Indeks Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau lebih dikenal e-Goverment sebagai indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sehingga, sudah muncul kebijakan. Selanjutnya, perlu direalisasikan dalam bentuk program, kegiatan dan anggaran setiap tahun," terangnya.

Ia menambahkan “Untuk meningkatkan e-Government agar sejalan dengan Transformasi Digital, Pemkab perlu memprioritaskan peningkatan SDM TIK baik di pemerintahan maupun masyarakat, serta konektivitas jaringan seluruh OPD, Kecamatan, hingga desa. Untuk tingkat desa, akan bekerjasama dengan Dinas PMD," ujarnya kepada PING, Selasa (2/3).

"Nganjuk siap sinergi dengan Pemerintah melaksanakan transformasi digital. Indeks SPBE Nganjuk meningkat. Tahun 2019 predikat kita "Cukup" sedangkan tahun 2020 meningkat menjadi "Baik". Ini bekal kita," pungkasnya. 

Baca juga:

0 Komentar