PMI Kabupaten Nganjuk Tingkatkan Kompetensi Para Relawan

Melalui Pendidikan dan Pelatihan Dasar KSR

NGANJUK, PING-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (diksar) Korps Sukarela Relawan (KSR), Sabtu (23/10/2021). Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si.

Dalam sambutannya, Sekda Yasin yang juga Ketua Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Nganjuk itu menjelaskan, diksar merupakan salah satu wadah yang digunakan guna meningkatkan kualitas relawan. Sebelum nantinya betul-betul terjun dalam kegiatan kemanusiaan.

Atas keikutsertaan para KSR tersebut, Sekda Yasin menyampaikan apresiasinya. Sebab peserta juga terlihat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung di aula PMI Kabupaten Nganjuk tersebut. “Semoga seluruh peserta diksar ini ke depannya dapat menjadi ujung tombak PMI Kabupaten Nganjuk yang berkompeten,” beber Sekda Yasin.

Pada pembukaan acara turut hadir Drs. Toto Nuswantoro, MM selaku Wakil Ketua PMI Kabupaten Nganjuk. Kemudian, Ida Shobihatin, AP, M.Si. selaku Pengurus PMI Kabupaten Nganjuk Bidang Pendidikan dan Pelatihan.

Dalam laporannya, Ida menyanpaikan bahwa diksar KSR kali i i diikuti oleh sebanyak 30 peserta. Mereka berasar dari KSR Unit Markas PMI Kabupaten Nganjuk, KSR Unit STIKes Satria Bhakti, dan KSR Unit STT Pomosda.

“Kegiatan diksar KSR ini mengacu pada standar kurikulum dalam manajemen relawan. Yakni 120 jam pelajaran. Namun pelaksanaannya dilaksanakan secara bertahap pada hari Sabtu dan Minggu. Pelatih dan fasilitator berasal dari PMI Kabupaten Nganjuk, dan PMI Provinsi Jawa Timur,” terang wanita berjilbab ini.

Ida berharap melalui diksar KSR ini, dapat meningkatkan kualitas anggota KSR PMI Kabupaten Nganjuk. Serta sebagai langkah awal untuk memulai pelaksanaan pelatihan-pelatihan lainnya. “Tentu dengan sesuai standart kurikulum untuk ke depannya,” pungkas mantan Camat Gondang tersebut.

0 Komentar