Plt Bupati Marhaen Buka Peringatan BBGRM XVII dan HKG ke-49

Mengajak Masyarakat Tetap Rawat Budaya Gotong Royong

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk Plt Bupati Nganjuk DR.Drs. H. Marhaen Djumadi , SE, SH, MM, MBA membuka puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVII dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-49, Kamis (18/11/2021). Kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Wisata Cengkok (TWC), Kecamatan Ngronggot.

Sebagai informasi, Plt Bupati Kang Marhaen tiba di lokasi sekitar pukul 10.00. Kang Marhaen datang didampingi oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, S. Wahyuni Marhaen Djumadi.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Termasuk para camat, kades, beserta TP PKK kecamatan dan desa seluruh Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya Plt Bupati Kang Marhaen mengatakan puncak peringatan BBGRM XVII dan HKG-PKK Ke 49 menjadi momentum untuk meghidupkan gerakan gotong royong masyarakat. Salah satunya melalui Gerakan Tilik Tonggo, dengan harapan masyarakat lebih peduli terhadap linkungannya.

“Sehingga dengan budaya gotong royong di masyarakat, tercipta lingkungan yang harmonis, nyaman dan tentram,” tuturnya membuka kegiatan.

Melalui BBGRM dan HKG PKK serta didukung semangat nyawiji, guyup rukun, sae jaya abadi, Kang Marhaen mengajak bergotong royong. Salah satunya untuk melakukan mitigasi dari kemungkinan bencana alam yang mungkin timbul. “Agar waspada dan selalu kompak,” lanjut Kang Marhaen.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk Tri Wahju Koentjoro, S.Sos menyampaikan tujuan pelaksanan  BBGRM ke XVII adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan.

“Terwujudnya persatuan dan kesatuan partisipasi gotog-royong masyarakat  dalam pembangunan dan pembenahan serta meningkatkan peran lembaga kemasyarakatan,” terangnya.

“Diharapkan peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan, serta kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segela bidang semakin meningkat,” tambahnya.

Selanjutnya, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk S. Wahyuni Marhaen Djumadi turut menyampaikan, peringatan HKG-PKK ke 49 tahun ini mengusung tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”.

“Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK sebagai garda terdepan mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan hidup,” katanya mengutip sambutan dari Ketua Umum TP PKK Pusat.

“Kegiatan-kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan program prioritas pemerintah pusat dan daerah. Semoga peringatan HKG PKK ini menjadi momentum kebangkitan gerakan PKK melalui gerakan pelopor Indonesia maju,” imbuhnya.

Pembukaan ditandai pemukulan kentongan oleh Plt Bupati Marhaen. Di sela acara juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang berbagai lomba. Misalnya lomba 10 Program Pokok PKK, Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) dan Lomba Kader Berprestasi tingkat Kabupaten Nganjuk.

Juga dilakukan pemberian penghargaan bagi TP PKK Kab Nganjuk yang mempunyai masa bakti 15 tahun. Serta pemberian Lomba Gotong Royong terbaik tingkat Kabupaten Nganjuk.

(ZK/AL/CSY).

Rekomendasi

judul.

0 Komentar