Persiapkan TPP Kinerja 2021, BKD Intensif Bimbing e-Kinerja OPD

Hari kerja terakhir di akhir pekan, tak menurunkan semangat para Perawat Puskesmas di Kabupaten Nganjuk untuk belajar Sistem Informasi Berorientasi Kinerja atau dikenal aplikasi e-Kinerja ASN Nganjuk, Sabtu pagi (28/11/2020).

Dibimbing Mohammad Bagus Panuntun, S.Kom, Analis Kinerja pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nganjuk, 19 Perawat tekun mengikuti langkah demi langkah mengoperasikan aplikasi e-Kinerja melalui deretan komputer di salah satu sudut ruang kantor BKD yang digunakan sebagai ruang sistem informasi.

Sebagai tutor, pria yang akrab dipanggil Bagus itu, dengan telaten menerangkan mulai dari Perjanjian Kinerja (PK) hingga Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang menjadi komponen utama pengukuran kinerja ASN. Sesekali dia berkeliling menghampiri meja komputer untuk memastikan peserta memahami dan menguasai yang telah diterangkan.

Di tempat yang sama, hadir Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Nganjuk, Drs. Eko Sutrisno, MM, memantau kegiatan. Pria yang gemar olah raga bulu tangkis itu menerangkan sistem e-Kinerja membutuhkan kerja sama antara Bagian Organisasi dengan BKD. 

"SKP yang diinput dalam e-Kinerja basisnya uraian tugas dan hasil tugas yang disusun dalam Anjab (Analisis Jabatan) dan ABK (Analisis Beban Kerja) yang dikoordinasikan Bagian Organisasi", terangnya.

Secara terpisah, Dr. Sopingi, Kepala BKD mengatakan pihaknya bersama perangkat daerah terkait sedang menyiapkan penerapan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) tahun 2021 berdasarkan kombinasi prestasi kerja dan disiplin kerja. "Setiap ASN menyusun rencana kinerja dan melaporkan hasil kerja melalui aplikasi e-Kinerja", tegasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Nganjuk mulai tahun 2017 telah menerapkan pemberian TPP PNS berdasarkan beban kerja yang dihitung menurut kedisiplinan kehadiran kerja dan kinerja organisasi. Direncanakan mulai tahun 2021, besaran TPP PNS akan ditentukan berdasarkan prestasi kerja dan kedisiplinan kerja.

0 Komentar