Permudah Layanan Adminduk, Pemkab Siapkan Aplikasi SEDUDO

Tahap Persiapan, Adakan Bimtek bagi Operator Kecamatan Seluruh Kabupaten Nganjuk

NGANJUK, PING-Seiring perkembangan teknologi dan menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang cepat dan tepat, Pemkab Nganjuk berupaya dengan melakukan inovasi. Yaitu, menyiapkan aplikasi berbasis internet yang bernama Sistem Elektronik Terpadu Desa Online atau SEDUDO. 

SEDUDO sendiri merupakan sistem aplikasi tentang pelayanan adminduk yang tengah dikembangkan Pemkab Nganjuk. Tepatnya, kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk. Nantinya, SEDUDO dapat diakses masyarakat, dalam rangka pelayanan adminduk yang lebih mudah dan cepat. Sebab, sistem tersebut menerapkan mekanisme daring.

Saat ini SEDUDO masih dalam tahap penyempurnaan. Sebagai persiapannya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nganjuk selaku pengguna aplikasi mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bagi para operator yang bertugas di kecamatan seluruh Kabupaten Nganjuk. Bimtek yang berlangsung dua hari pada Senin (05/04/2021) dan Selasa (06/04/2021) di ruang rapat Disdukcapil Kabupaten Nganjuk itu sebagai persiapan dan pembekalan operator, terkait pengoperasian aplikasi SEDUDO tersebut.

“Saya mohon, mulai sekarang lebih serius dan berkomitmen untuk menyelenggarakan adminduk. Karena yang kita lakukan ini sudah terpantau oleh Kementerian Dalam Negeri,” kata Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, AP saat membuka acara.

“Kita lakukan bimtek tatap muka selama dua hari. Sesudah training, minggu depan kantor kecamatan melakukan layanan publik dengan menggunakan SEDUDO. Nanti kita akan lihat, dan evaluasi dalam pelaksanaannya,” terang pria yang akrab disapa Slambas ini.

Baca juga : Mengenal SEDUDO, Satu Aplikasi Untuk Banyak Solusi di Desa

0 Komentar