Peringati HUT Asosiasi SPAMS, Kang Marhaen beri Motivasi Guna Tingkatkan Kapasitas KP SPAMS

KP SPAM Sangat Membantu Pemkab Nganjuk Tarkait Penyediaan Air Minum dan Sanitasi

NGANJUK, PING - Dalam rangka memperingati HUT Asosiasi SPAMS Perdesaan Sedudo dan untuk memenuhi kebutuh air bagi masyarakat, Kelompok Pengelola Sanitasi Pengairan Sedudo (KP SPAMS) menggelar Peningkatan Kapasitas untuk anggotanya di Wisata Ubalan Gua Margo Trisno Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk, Kamis (11/08/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Nganjuk, Camat Rejoso, Camat Gondang, Camat Ngluyu, Camat Lengkong, Camat Jatikalen, Asosiasi Kepala Desa, Kepala Cabang BPD Provinsi Jatim, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk dan Dinas-dinas terkait.

Kang Marhaen dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan KP SPAMS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Angin. Selain membantu dalam pemenuhan kebutuhan air di Desa juga dapat memberikan informasi dan membantu permasalahan tarkait program penyediaan air minum dan sanitasi.

"KP SPAMS Ini sangat dibutuhkan, karena bisa membawa dampak perekonomian bagi masyarakatnya karena bisa meningkatkan PAD pada desa,” tuturnya.  

Menurut Kang Marhaen, KP SPAMS merupakan pendapatan yang diperoleh Bumdes dalam meningkatkan PAD. Tahun ini Pemerintah berharapan bisa mencari titik-titik lain yang bisa menghasilkan air.

“Kita akan ukur Desa-desa manasaja yang kesulitan air serta tahun ini kita dapat menargetkan ada enam Desa yang mendapatkan bantuan Pamsimas,” terang Kang Marhaen.

Maka disinilah peran Pemkab sangat diperlukan. Dijelaskannya, Pemerintah akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Nganjuk dan siap membantu program-program apa saja yang bisa diakses masyarakat.

Penyerahan bantuan sanitasi air oleh Kang Marhaen

Sementara itu, Ketua Asosiasi KP SPAMS Perdesaan Sedudo Kabupaten Nganjuk Suwandi, menjelaskan sejarah perjalanan KP SPAMS Kabupaten Nganjuk.  Mulai dari tujuan dirintisnya, hingga revitalisasi menjadi Pamsimas seperti sekarang, memanfaatkan air untuk memenuhi kebetuhan masyarakat di Kota Angin.

"Peran kami disini selain membantu masyarakat juga membantu Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam pelayanan air minum dan sanitasi,"  tambahnya. (Cy/Hs/Nr)

Baca juga :

 

0 Komentar