Peringati HAN Tahun 2021, Ini yang Telah Dilakukan Dinsos PPPA

Mendorong Anak Berani sebagai Pelopor dan Pelapor

NGANJUK, PING-Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk mengikuti puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021 secara virtual, Jumat (23/07/2021). Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Hadir dan menjadi narasumber acara, Presiden Joko Widodo. Kepala negara berkesempatan menyapa dan menyampaikan bebeberapa pesan kepada anak-anak melalui video secara daring. Dalam pesannya, orang nomor satu di Tanah Air itu mengatakan, selama pandemi COVID-19, anak-anak menjadi di rumah. Tidak pergi ke sekolah dan tidak bepergian.

“Pasti anak-anak rindu bertemu dengan teman-teman, kakek dan nenek, paman dan bibi,” ucap Presiden Joko Widodo sambil mengingatkan anak-anak untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan kegiatan, dan menjaga jarak ketika berbicara dengan orang lain.

Sebagai informasi, turut menjadi narasumber acara, Menteri PPPA, Bintang Puspayoga. Serta Presiden RI ke 5, yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri. 

Sementara itu, Agus Sugianto, SH selaku Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak pada Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Dimana upaya tersebut selaras dengan tema HAN tahun 2021. Yakni "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". "Dengan pesan utama, anak peduli di masa pandemi," kata Agus kepada PING.

Agus menambahkan, dalam rangka HAN, setiap pemerintah daerah berupaya mendukung dan melaksanakan kegiatan sesuai karakteristik daerah. Termasuk kemampuan daerah masing-masing. Misalnya, seperti yang telah dilakukan Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk.

Yakni telah melaksanakan berbagai kegiatan dan berpartisipasi kepada anak melalui peran Forum Anak Nganjuk. Dengan tujuan dan mendorong agar anak mampu menjadi Pelopor dan Pelapor (2P). "Saya sependapat dengan pesan Presiden Joko Widodo. Bahwa anak harus tetap semangat belajar. Terus bergembira. Rajin beribadah. Serta jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa," tutur Agus.

Partisipasi Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk melalui Forum Anak Nganjuk agar Menjadi 2P:

1. Penyusunan Suara Anak Nganjuk Tahun 2021;

2. Melaksanakan FANCAST di Radio Suara Anjuk Ladang dan Youtube Setiap Bulan;

3. Cat Sahabat Anak (CASA) melalui Sosial Media;

4. Hello Konselor di Instagram dan Youtube ;

5. Literasi Anak membangun Daerah (LAMDA) di Instagram dan Youtube, dalam Rangka Komunikasi Terkait Peran Anak dalam Mendukung Kabupaten Nganjuk Layak Anak;

6. Akan Melaksanakan Webinar dalam Rangka HAN Tahun 2021 di Kabupaten Nganjuk dengan Narasumber Plt Bupati Nganjuk, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk. Dijadwalkan Pelaksanaan pada 30 Juli 2021;

7. Keterlibatan Forum Anak Nganjuk dalam Partisipasi melalui Musrenbang dan Forum Musyawarah Lainnya;

8. Mengikuti Webinar Peringatan HAN Tahun 2021.

Sumber : KEMENPPPA RI 

Baca Juga :

0 Komentar