Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 di Kabupaten Nganjuk

Pers Berperan Penting dalam Publikasi Informasi Pemkab. Nganjuk

Terkait Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Nganjuk, SLAMET BASUKI, A.P menuturkan salah satu ciri negara demokrasi adalah keterbukaan informasi publik. Pihaknya bekerjasama dengan lembaga pers non pemerintah bahu berperan menyajikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Diskominfo mengelola PING (Portal Informasi Pemkab Nganjuk). Ini saluran informasi resmi yang menyajikan informasi proses dan hasil kerja seluruh Perangkat Daerah. Harapannya, masyarakat mengerti kinerja OPD. Kalau sudah mengerti, diharapkan muncul kepercayaan. Kalau sudah percaya, muncul dukungan atau partisipasi program Pemkab. Kalau toh ada kritik, ya kritik yang konstruktif, atas dasar informasi yang benar,” tegasnya.

Sejalan dengan Kadiskominfo, Kepala Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Diskominfo HARI PURWANTO, S.T menambahkan pihaknya telah menyiapkan tim reporter PING yang membantu OPD mempublikasikan proses dan hasil kerja OPD.

“Setiap hari, reporter PING berkeliling ke OPD untuk menggali informasi. Kami berharap, teman-teman OPD merespon reporter PING sehingga kinerja OPD dapat terpublikasi maksimal,” ujarnya sembari berharap masyarakat Nganjuk tidak terjebak berita hoax yang belum jelas dari mana sumbernya. “Saring sebelum sharing tiap informasi. Caranya, manfaatkan PING untuk cek berita yang benar,” tambahnya. 

Sementara itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk memaknai Hari Pers Nasional (HPN) sebagai hari sakral bagi insan pers. Namun, ada yang berbeda dalam peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 kali ini. Pada tahun-tahun sebelumnya PWI Nganjuk menggelar berbagai rangkaian acara yang meriah, kali ini sesuai dengan instruksi PWI Pusat bahwa semua anggota PWI di daerah termasuk Kabupaten Nganjuk agar membatasi gebyar peringatan HPN karena pandemi COVID-19. Untuk itu, PWI Nganjuk melaksanakan kegiatan  khataman Al Qur'an yang bertempat di Sekretariat PWI Nganjuk Jl. Dermojoyo Nganjuk. 

Acara khataman dihadiri Kapolsek Nganjuk Kompol RAHAYURINI dengan memberikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2021 untuk PWI Nganjuk dan berharap pers bisa semakin meningkatkan sinergi dengan segala institusi dan elemen masyarakat serta siap menjadi garda terdepan berperan aktif guna mencegah dan memerangi wabah COVID-19.

"Hari Pers Nasional harus dimaknai sebagai salah satu pilar demokrasi bersama negara mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi COVID-19,” tegasnya.

Senada dengan Kapolsek Nganjuk, Ketua PWI Nganjuk ANDIK SUKACA menyampaikan bahwa sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian PWI Nganjuk di masa pandemi COVID-19 ini salah satunya diselenggarakan kegiatan khataman Al Qur'an sebagai wujud permohonan doa agar pandemi bisa segera berakhir dan segala sektor ekonomi maupun sosial bisa segera bangkit.

“Selain kegiatan Khataman Al Qur'an, menyusul kegiatan lainnya sebagai rangkaian HPN tahun ini yakni penanaman 1000 pohon, bakti sosial dan juga pembagian masker dengan melibatkan berbagai institusi dan elemen masyarakat,” tuturnya.

0 Komentar