Pemkab Upayakan Nganjuk Menjadi Sentra Porang

Dorong Produksi untuk Makanan Olahan

NGANJUK, PING-Di sejumlah wilayah Kota Bayu mulai banyak yang menanam porang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk akhirnya melirik. Bahkan menargetkan menjadi sentra porang.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA saat mengunjungi PT Marefa Alam, Senin (30/08/2021). Kang Marhaen mengatakan, Pemkab Nganjuk akan mulai mendorong makanan olahan berbahan baku porang.

Untuk itu, diperlukan kerja sama dan sinergitas. Yakni antara pengusaha produk olahan porang, rengan para petani porang. Termasuk dengan Pemkab Nganjuk.

"Kami optimistis, apabila kerja sama dan sinergitas itu bisa terwujud maka tidak tertutup kemungkinan Nganjuk bakal dikenal sebagai salah satu penghasil makanan olahan berbahan baku porang," ujar Kanh Marhaen.

Lebih dalam Kang Marhaen menjelaskan, kondisi tanah di Kota Bayu dinilai cocok untuk budidaya porang. Ditambah, porang juga dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Misalnya di wilayah Kabupaten Nganjuk.

"Pemkab Nganjuk melalui Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk senantiasa mendorong petani atau masyarakat untuk membudidaya tanaman porang. Apalagi prospek dan potensi pasar cukup bagus. Baik di dalam maupun luar negeri," lanjutnya.

"Maka melihat potensi dari porang yang cukup bagus itu, warga Nganjuk bisa menanam tanaman porang di lahan perkebunanya dalam upaya peningkatan perekonomian," imbuh Kang Marhaen.

Sebagau informasi, pada kunjungan itu, Kang Marhaen disambut oleh pimpinan PT Marefa Alam Samudra, H Lukman Hakim. Ia mengatakan, saat ini pihaknya banyak memproduksi makanan olahan berbahan baku porang. 

Antara lain keripik porang, dengan cara pengolahan dikeringkan lalu dioven. Kemudian, tepung porang atau lebih dikenal konjac powder. Kemudian, mi dan pelengkap makanan berbahan porang. "bebas lemak, gula dan gluten, tinggi serat, rendah kalori dan karbohidrat nol kolesterol," tutur H Lukman Hakim sambil menunjukkan berbagai produk buatannya.

Baca Juga 

0 Komentar