Pemkab Permudah Layanan Adminduk dengan Aplikasi Dukcapil Cemerlang

Diresmikan Kang Marhaen, Dapat Diakses Masyarakat Secara Daring Sekaligus Terintegrasi

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA meresmikan layanan aplikasi Dukcapil Cemerlang di Pendopo Pemkab Nganjuk, Kamis (27/05/2021). Aplikasi tersebut merupakan bentukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk yang dapat melayani masyarakat terkait kebutuhan adimistrasi kependudukan secara daring dan terintegerasi.

Seremonial peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Kang Marhaen, didampingi Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, AP, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk. Dalam sambutannya Kang Marhaen mengapresiasi langkah Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk, yang telah membuat terobosan baru dalam pelayanan.

"Saat ini eranya teknologi. Sehingga pelayanan juga harus menyesuaikan dengan teknologi. Saya harap, layanan Dukcapil Cemerlang ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," tutur Kang Marhaen dengan disambut tepuk tangan para tamu undangan yang hadir.

Dijelaskan Kang Marhaen, dengan adanya aplikasi tersebut, adalah bukti bahwa pemerintah sebagai pelayan masyarakat. Selain itu juga menjadi solusi bagi masyarakat Kota Bayu, yang selama ini menjadi keluhan. Terutama dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan. “Kita tidak usah banyak janji tapi terus memberikan bukti, bukti dan bukti," tegas Kang Marhaen.

Lebih jauh Kang Marhaen menjelaskan, melalui aplikasi ini, maka Dispendukcapil akan memperoleh data akurat. Data yang diperoleh akan mempermudah dalam pemutakhiran data. Misalnya tentang kebutuhan data terbaru di berbagai satuan perangkat daerah.


Penandatanganan naskah kerjasama pemanfaatan data kependudukan bersama OPD Terkait saat peresmian layanan aplikasi Dukcapil Cemerlang 

Untuk itu, Kang Marhaen berpesan agar Dukcapil Cemerlang menerapkan empat hal dalam pelayanannya. Pertama, brainware atau merubah mentalitas SDM dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Kedua, hardware atau sarana prasarana pendukung. Ketiga, software atau aplikasi penyambung antardata sehingga terintegerasi, untuk menuju Satu Data Indonesia. "Serta terakhir komunikasi publik, sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat yang benar adanya," tutup Kang Marhaen.

Sementara itu, Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, AP melaporkan, aplikasi Dukcapil Cemerlang telah dijalankan selama 31 hari kerja mulai tanggal 7 April 2021 hingga 25 Mei 2021. Dalam kurun waktu tersebut, sebanyak 2.184 permohonan telah masuk dan diproses.

Dari jumlah tersebut, pria dengan sapaan Slambas ini mengatakan sebanyak 84 persen permohonan telah rampung, dan dikirimkan kembali kepada para pemohon. Sementara 16 persen lainnya ditolak, karena dokumen pelengkap tidak terpenuhi. Hal itu menunjukkan efektivitas aplikasi tersebut, dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas. “Alhamdulillah layanan ini sudah berjalan efektif di 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk. Tahun 2022 akan kami siapkan layanan Dukcapil Cemerlang ini sampai ke desa atau kelurahan,“ tambahnya.

Usai seremonial peresmian, dilakukan simulasi alur pengajuan permohonan dokumen kependudukan melalui aplikasi Dukcapil Cemerlang. Simulasi turut disaksikan para tamu undangan yang hadir. Termasuk seluruh camat maupun perwakilan kepala kelurahan dan kepala desa yang juga menjadi undangan.

0 Komentar