Pemkab Nganjuk Terima Kunjungan Rombongan TP PKK Kota Madiun

Dalam rangka Studi Tiru Penerapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Nganjuk.

NGANJUK,PING- Plt Bupati Nganjuk, Kang Marhaen menerima Kunjungan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi bersama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Madiun, Selasa (29/11/2022).

Kunjungan dari Kota Madiun tersebut dalam rangka Studi Tiru Penerapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Nganjuk.

Rombongan diterima langsung oleh Kang Marhaen didampingi Ketua Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk bersama dengan pengurus TP PKK Kabupaten Nganjuk, di Pendopo K.R.T Sosrokoesoemo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Sambutan selamat datang disampaikan oleh Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi. “Selamat datang, sugeng rawuh di Kota Bayu Kabupaten Nganjuk. Ini adalah suatu kehormatan bagi kita (Kabupaten Nganjuk) menerima kunjungan dari Kota Madiun. Semoga kunjungan ke Nganjuk ini membawa ilmu yang barokah,” tutur Nafhan Tohawi.

Disampaikan Nafhan Tohawi, program DRPPA telah menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Program dalam rangka melindungi perempuan dan anak tersebut, sudah dilakukan dengan meluncurkan program SAPA MAMA. Yaitu Program Sekolah Perempuan, Anak dan Masyarakat Marginal. “Ada enam desa yang mejadi percontohan di Kabupaten Nganjuk ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Bersama Perempuan Istimewa, Plt Bupati Nganjuk Launching SAPA MAMA Desa Loceret

Selanjutnya, dijelaskan Nafhan Tohawi, Sekolah perempuan dan anak adalah bertujuan untuk membangkitkan kemampuan didalam respon terhadap lingkungan atau pemerintah desa setempat. Yakni dalam rangka memajukan kaum perempuan, anak dan masyarakat marginal. Terutama untuk ikut berperan dalam pembangunan ditempat tinggalnya atau yang lebih luas.

Untuk mewujudkan itu semua, Nafhan Tohawi mengungkapkan harus ada dukungan dari pemerintah daerah dan kolaboratif bersama seluruh elemen masyarakat. “Kita bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, LSM, dan Organisasi Masyarakat. Dari pihak intern tentunya kita juga bekerjasama dengan Dharma Wanita dan PKK Kabupaten Nganjuk. Kalau dipikul bersama-sama semua akan terasa ringan,” jelasnya.

“Semoga tali silaturahmi ini Kabupaten Nganjuk dan Kota Madiun akan terus terjaga dan berlanjut di masa yang akan datang. Tentunya untuk pembangunan-pembangunan daerah yang lebih maju,” tutup Nafhan Tohawi.

Sementara itu, Yuni Setyawati Maidi, Ketua TP PKK Kota Madiun selaku ketua rombongan studi tiru menyampaikan ucapan terima kasihnya atas sambutan selamat datang yang diberikan.

Istri Wali Kota Madiun tersebut menyampaikan maksud dan tujuannya ke Kabupaten Nganjuk. “Adalah studi tiru untuk mengetahui Penerapan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Nganjuk,” tuturnya.

Yuni Setyawati Maidi berharap melalui kunjungan studi tiru DRPPA ini nantinya dapat diterapkan di Kota Madiun. “Harapan kita seluruh kelurahan di tiga kecamatan Kota Madiun bisa menerapkan seperti apa yang sudah ada di Kabupaten Nganjuk ini,” ungkapnya menyebut saat ini Kota Madiun menjadi kota ramah anak.

“Semoga kegiatan silaturahmi studi tiru ini sekaligus mempererat kerja sama dan koordinasi antara Kota Madiun dan Kabupaten Nganjuk akan semakin erat,” tambahnya.

Sebagai informasi hadir juga dalam rombongan studi tiru DRPPA Kota Madiun adalah Wakil Ketua TP PKK Kota Madiun, Sekretaris Dinsos PPPA Kota Madiun, Ketua Pokja 1 TP PKK Kota Madiun. Hadir pula Ketua TP PKK Kecamatan di Kota Madiun beserta Ketua TP PKK Kelurahan se Kota Madiun. Usai melaksanakan sambutan, rombongan dari Kota Madiun berkunjung lapangan ke Desa Candirejo Kecamatan Loceret.

(ZK/NR)

Baca Juga: 

0 Komentar