Pemkab Nganjuk Terima DIPA Dan TKDD Tahun Anggaran 2021

Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, M.M menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2021 yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Grand City Surabaya, Senin (30/11/2020).

DIPA merupakan dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun atas Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja pemerintah pusat. Fungsinya sebagai dasar pelaksanaan anggaran. Sementara, TKDD terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Nonfisik, Dana Insentif Daerah (DID), dan Dana Desa.

Sekda Provinsi Jatim, Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan penyerahan DIPA dan TKDD adalah agar segera bisa mempercepat penyerapan anggaran, melaksanakan kegiatan khususnya pengadaan barang dan jasa di bidang kesehatan dan perlindungan sosial

“Agar hasil yang didapat dari alokasi TKDD dan DIPA 2021 bisa optimal maka diharapkan seluruh pemangku kepentingan bisa terus meningkatkan sinergi lintas sektoral. Kemudian juga menjalin komunikasi yang lebih intensif. Guna mewujudkan perceatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi”. tambahnya

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parwansa dalam sambutannya mengatakan untuk  mempercepat realisasi pencairan anggaran, kecepatan dan ketepatan harus tetap menjadi fokus utama. Hal ini dikarenakan dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan, pemerintah masih berhadapan dengan tantangan pandemi Covid-19 yang saat ini belum berakhir.

“Untuk itu, pada tahun 2021 mendatang, pemerintah telah menentukan empat fokus kebijakan, yaitu penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, dan reformasi struktural,” terangnya.

Pada kesempatan ini Gubernur Khofifah juga berpesan, agar semua Bupati dan Walikota  segera bergerak cepat untuk melaksanakan dan membelanjakan setelah DIPA dan TKDD diterima.

"Setelah DIPA dan TKDD diserahkan, kepala daerah harus segera memanfaatkan dan harus segera membelanjakan untuk dapat menggerakkan ekonomi kita," pungkasnya (Ys/Hs)

Foto : Humaskabnganjuk

 

0 Komentar