Pemkab Nganjuk Optimis Raih Juara Pertama Lomba Pasar Pangan Aaman Tingkat Nasional

Verifikator Tinjau dan Nilai Langsung Pasar Wage Baru

NGANJUK, PING-Lomba Pasar Pangan Aman tingkat nasional yang digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memasuki tahap verifikasi lapangan. Sebagai finalis, dan masuk dalam tujuh besar nasional, Pasar Wage Baru berkesempatan dikunjungi oleh dewan juri untuk verifikasi lapangan, Selasa (06/04/2021).

Hadir dan menyambut dewan juri, Wakil Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA. Dalam sambutannya Kang Marhaen optimis Pasar Wage Baru akan sukses mengikuti lomba. Bahkan meraih juara pertama. "Kami optimis, agar menjadi kebanggaan Nganjuk. Juga sebagai kampanye pangan yang aman mulai dari pasar," ungkapnya mewakili Bupati H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM.

(Wakil Bupat Nganjuk Marhaen Djumadi saat memberikan sambutan dalam acara verifikasi lapangan Lomba Pasar Aman Pangan dari Bahan Berbahaya di Pasar Wage Nganjuk, Selasa (6/4/2021)).

Sementara itu, Dra. RR. Heni Rochtanti, MM selaku mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk menyampaikan lolosnya Pasar Wage Baru dalam tujuh besar nasional lomba Pasar Pangan Aman merupakan buah kerja keras berbagai pihak, di bawah koordinasi Pemkab Nganjuk. "Sehingga tercipta pasar yang aman, nyaman, bersih dan sehat," kata wanita yang saat ini menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Nganjuk itu.

Di depan dewan juri, Heni menjelaskan bahwa di Pasar Wage Baru, rutin dilakukan pengawasan. Pada saat pengawasan ditemukan makanan yang mengandung boraks, Disperindag bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan uji makanan dan minuman bekerjasama dengan BPOM Surabaya. Sehingga, ia menjamin di dalam Pasar Wage Baru Nganjuk tidak ada lagi pedagang yang menjual bahan pangan berbahaya.

"Kami sudah menindaklanjuti dengan membuat surat pernyataan bermaterai untuk para pedagang, apabila ditemukan kembali menjual makanan yang mengandung boraks pedagang siap untuk menerima sanksi," tegasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam verifikasi tersebut Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko, S.Pd, Camat Nganjuk Hari Moektiono dan berbagai tamu undangan lainnya.

Sedangkan tim dewan juri verifikator yang hadir berasal dari berbagai unsur. Seperti dari BPOM RI dan Surabaya, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Ketahanan Pangan. Ada pula unsur dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hadir sekitar pukul 08.00, tim verifikator disambut meriah di halaman pasar terbesar di Kota Bayu itu. Usai acara seremonial, tim verifikator lantas meninjau Pasar Wage Baru. Berbagai loss pasar dikunjungi. Termasuk wawancara dengan pedagang maupun pembeli yang tengah bertransaksi.(cy/yos)

 

Baca Juga

0 Komentar