Pemkab Nganjuk Kenalkan Seni, Budaya dan Potensi di TMII

Tampilkan Tembang Sumbang Bumi Ngrajek sebagai Kebudayaan Khas Kota Bayu

NGANJUK, PING-Suasana Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta nampak dipadati penonton pada Minggu (07/11/2021). Penonton tersebut hendak menyaksikan acara Pesona Budaya Jawa Timur dan Citra Promosi Potensi Unggulan Daerah. Kebetulan, yang mengisi acara adalah dari Kabupaten Nganjuk.

Pada acara itu, Kota Bayu menampilkan berbagai seni pertunjukan. Mulai pagelaran tari, tembang daerah, hingga ludruk. Seluruh pertunjukan tersebut dibalut dengan tema Nganjuk Sayuk Anjuk Ladang Tumbandang, dengan judul “Tembang Sumbang Bumi Ngrajek”.

Hadir langsung dalam acara tersebut Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA. Dalam sambutannya Kang Marhaen menyampaikan rasa terima kasih kepada para pihak yang telah memberi kesempatan Kota Bayu untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya yang menjadi ciri khasnya.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi seni dan budaya khas Nganjuk, namun juga potensi lainnya. Seperti pariwisata dan produk UMKM unggulan Nganjuk,” beber Kang Marhaen.

Kang Marhaen menerima penghargaan dari Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur Zaenal Fanani di Anjungan TMII

Kang Marhaen menuturkan, selain berbagai potensi tersebut, Kota Bayu juga menyimpan potensi pada Sumber Daya Manusia (SDM). Terbukti, ada dua orang pemuda Kota Bayu dari Nganjuk Bayu Carnival yang akan unjuk gigi di Amerika Serikat dan Kanada untuk memamerkan karyanya. Termasuk dua orang wakil Kabupaten Nganjuk yang berhasil menyabet gelar Pemuda Pelopor di tingkat nasional.

“Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Hal ini merupakan buah dari komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam menegmbangkan bakat pemuda Nganjuk guna mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang bermartabat dan berprestasi,” tambah pria yang gemar mengenakan udeng khas Nganjuk tersebut.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut merupakan gelaran dari Badan Penghubung Daerah (Bapengda) Jatim di Jakarta. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bapengda Jatim di Jakarta Ir Zaenal Fanani, S.STP, M.Ap. Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, S.Sos beserta para anggota dewan lainnya. Kemudian pimpinan perangkat daerah dan kepala sekolah seluruh Kabupaten Nganjuk. Serta Paguyuban Warga Nganjuk di Jakarta (Pawarta). (Hs/Ys)

 

 

Baca Juga :

Hebat! Pemkab Nganjuk Terima Opini WTP Lima Kali Beruntun

0 Komentar