Pemkab Nganjuk Gelar Sinkronisasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG)

Untuk mewujudkan Kabupaten Nganjuk Kabupaten Layak Anak dan Responsif Gender

NGANJUK, PING- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Sosial dan PPPA menggelar rapar koordinasi (Rakor) dan sinkronisasi pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam rangka pengembangan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG) Desa di Kabupatren Nganjuk, Senin (06/06/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si, Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha KemenPPPA Dra. Ekonovi Arianti, RD, M.Si, Asisten Pemerintahan, Fasilisator PUG Jawa Timur, Kepala Dinas Sosial dan PPPA Nganjuk dan Tim Driver PUG Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Sekda Mokhamad Yasin, mewakili Plt Bupati Nganjuk, mengatakan bahwa kegiatan rakor ini dilaksanakan untuk mensinkronisasikan pembangunan berkeadilan yang berwawasan responsive gender di Kabupaten Nganjuk.

“ Ini semua kita laksanakan agar tidak ada lagi kesenjangan gender, baik dalam pembangunan sampai di tingkat desa. Maka dalam kesempatan ini dilaksanakan rakor sinkronisasi untuk pengimplementasian bukan lagi sosialisasi, “ ujar Sekda Yasin.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Yasin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial dan PPPA Kabupaten Nganjuk yang telah melaksanakan program ini dalam rangka melaksanakan pembangunan secara holistic tanpa membedakan jenis kelamin dan usia.


Kepala Dinas Sosial dan PPPA Nganjuk, Nafhan Tohawi menyampaikan laporan kegiatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG)

“ Untuk itu, perlu kita ketahui bersama bahwa semua adalah saudara kita, maka jangan sampai ada kesenjangan gender dalam pemberian pelayanan. Terutama dalam pelayanan kepada masyarakat nganjuk, “ terang Sekda Yasin.

Lebih lanjut Sekda Yasin menjelaskan, dengan dilaksanakannya sinkronisasi dan koordinasi ini, diharapkan tahap berikutnya bisa dievaluasi bukan lagi implementasi, baik di tingkat desa/kelurahan dalam mewujudkan pembangunan persetaraan gender di Kabupaten Nganjuk.

“ Dengan mengucap bissmilahirahmanirrahim, kami mewakili Pak Plt Bupati Nganjuk menyatakan kegiatan ini resmi dibuka dan bisa dilaksanakan pelatihan terkait PUG dan PPRG, “ tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan PPPA Nganjuk Nafhan Tohawi mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mendorong pelaksanaan perencanaan dan penggaran responsive gender di desa dalam mewujudkan kabupaten nganjuk layak anak dan responsive gender serta mengembangkan gerakan desa ramah perempuan dan peduli anak di Kabupaten nganjuk

“ Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai 6-7 Juni 2022 yang diikuti 60 peserta dari Skeretaris Desa dan pendamping desa, “ imbuhnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut menghadirkan 6 narasumber yang berkompeten di bidang pengarusutamaan gender (PUG), diantaranya Dra Ekonovi Arianti, RD, M.Si  dari Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha Kemensos dan PPPA dengan materi Kebijakan Pelaksanaan PRPPA di Indonesia, Kedua Ana Widyawati, S.Km M.Kes dari DP3KA Jatim dengan materoi Integrasi PBD Desa.

Kemudian Yusuf Supiyadi, MA Fasilisator TV Nasional dengan materi PUG dan PPRG Desa Pilot Projet, keempat Dr Gigi Roch Endah Sutarmiati, M. Kes dari Fasilitator PUG Jatim dengan materi Peran masyarakat dalam pembangunan berbasis gender dan terakhir Supiyah, S.Pd dari Fasilisator PUG Jatim dengan materi PPRG Desa. (Hs/Ys)

 

 

 

 

Baca Juga :

0 Komentar