Pemkab Nganjuk Dan STIAMAK Gelar Pelatihan Kewirausahaan Dan Jurnalistik Bagi Karang Taruna

Jalin Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pemkab Nganjuk dengan STIAMAK Barunawati Surabaya

NGANJUK, PING-Pemkab Nganjuk melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dan jurnalistik, Kamis (04/03/2021). Sasarannya adalah bagi karang taruna yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Pelatihan berlangsung di Ruang Rapat Candi Lor Pemkab Nganjuk. Dalam pelatihan itu Aspemkesra Pemkab Nganjuk menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya sebagai narasumber kegiatan.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Samsul Huda, SH, MH. Dalam sambutannya, Samsul mengatakan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), khususnya karang taruna. Serta melahirkan generasi cerdas yang memiliki keterampilan. Sehingga memiliki karakter dan kepribadian.

“Pelatihan ini juga sebagai momentum pemuda untuk bisa menjadi pelopor, agar kedepan bisa menumbuhkan ilmu kewirausahaan dalam memicu kemandirian ekonomi kerakyatan,” kata Samsul Huda.

Samsul berpesan kepada peserta agar pelatihan tersebut bisa memberi solusi di masa pandemi COVID-19. Terutama, untuk memberi rasa optimisme dan cara pandang positif untuk memulai berwirausaha. Kegiatan tersebut merupakan upaya Pemkab Nganjuk memberi fasilitas berupa pelatihan. “Kali ini Pemkab Nganjuk memfasilitasi  pelatihan, guna menjadikan SDM di Kabupaten Nganjuk yang berkualitas dan unggul,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Senat STIAMAK Barunawati Surabaya Dr. Sumarzen Marzuki, ST, M.MT  menjelaskan sedikit wawasan terkait materi pelatihan. Menurutnya, wirausahawan merupakan seorang yang memiliki kemauan keras dalam berusaha untuk memberikan manfaat teladan hidup. “Selain itu, wirausahawan adalah seorang yang memiliki keberanian untuk membuka suatu peluang secara mandiri dengan segala sumber daya yang ada untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, Kamis (04/03) hingga Jumat (04/03). Adapun pesertanya berjumlah 20 karang taruna. Peserta tersebut merupakan pilihan dari Dinas PPPA Kabupaten Nganjuk.

Penandatanganan MoU dan MoA antara Pemkab Nganjuk dengan STIAMAK Barunawati Surabaya

Di sela acara juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pemkab Nganjuk dengan STIAMAK Barunawati Surabaya terkait kerjasama dalam pelatihan tersebut. Kemudian dilanjutkan pemberian cindera mata oleh Ketua Senat STIAMAK Dr. Sumarzen Marzuki, ST, MMT.

0 Komentar